Warga binaan rutan Baturaja terima kartu sehat

id rutan,rutan batu raja,warga binaan,kis,kartu indonesia sehat,bpjs kesehatan oku,pelayanan bpjs,napi,narapidana

Warga binaan rutan Baturaja terima kartu sehat

Ilustrasi - Warga memperlihatkan Kartu Indonesia Sehat miliknya (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)

Baturaja  (ANTARA News Sumsel) - Warga binaan Rumah Tahanan Negara Klas II B Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menerima Kartu Indonesia Sehat yang diserahkan oleh BPJS OKU guna pelayanan kesehatan berobat gratis.

"Kartu Indonesia Sehat (KIS) baru diserahkan untuk lima orang warga binaan, sedangkan jumlah yang akan didistribusikan secara bertahap?sekitar 250 KIS oleh BPJS OKU," kata Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Klas II B Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Oktomi Didi Hartono di Baturaja, Jumat.

Dia mengatakan, KIS sangat penting bagi warga binaan khususnya di Rutan Baturaja mengingat anggaran kesehatan sangat terbatas bagi para tahanan di lembaga pemasyarakatan setempat.

Selain itu kata dia, dengan menerima bantuan kesehatan tersebut warga binaan yang dirujuk ke rumah sakit di luar rutan akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan gratis.

"Negara berwenang menjatuhkan hukuman namun ketika mereka menjadi sadar dan mau bertaubat, maka negara berkewajiban memberikan maaf dan penghargaan kepadanya termasuk menjamin kesehatannya," ujar Oktomi.

Semenatara Kepala Cabang BPJS OKU, Fitri Yanti?menambahkan penyerahkan KIS secara gratis tersebut melalui skema Penerimaan Bantuan Iuran (PBI) yang diambil dari APBD OKU Kepada Rumah Tahanan Negara Klas IIB Baturaja.

Dia menjelaskan, pentingnya pemberian KIS dilakukan mengingat biaya kesehatan bagi warga binaan sangat minim sehingga dalam pelayanannya menjadi terbatas.

"Kewajiban kami dari BPJS untuk memberikan pelayanan kesehatan agar pada saat warga binaan yang sakit dapat berobat gratis," ungkapnya.