Kadivpas Kemenkumham Sumsel pastikan kunjungan lebaran lancar

id Kadivpas, Kemenkumham Sumsel, lapas, rutan, lpka, pastikan, layanan kunjungan, kunjungan lebaran, lancar, aman

Kadivpas Kemenkumham Sumsel pastikan  kunjungan lebaran lancar

Kadivpas Kemenkumham Sumsel Mulyadi monitoring pelayanan kunjungan Lebaran di lapas dan rutan. (ANTARA/HO/Kemenkumham SS/24)

Palembang (ANTARA) - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan Mulyadi memastikan layanan kunjungan Lebaran/Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di lapas, rutan dan LPKA yang berlangsung sejak 10 April 2024 tertib dan lancar.

"Berdasarkan hasil monitoring pelaksanaan layanan kunjungan Idul Fitri di lapas, rutan, dan lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) di Sumsel, dua hari terakhir sesuai ketentuan," kata Kadivpas Mulyadi, di Palembang, Jumat.

Pelayanan kunjungan Lebaran untuk keluarga dan kerabat narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP), menurut dia, ada beberapa yang telah dikunjungi langsung seperti lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) Palembang.

Kemudian Rutan Palembang, Lapas Perempuan Palembang, Lapas Kelas I Palembang, dan Lapas Narkotika Banyuasin.

Pelayanan kunjungan Lebaran Idul Fitri yang dibuka selama empat hari (10 - 13 April 2024 dengan jam layanan kunjungan pada pukul 07.30 - 15.00 WIB sejauh ini berjalan dengan aman, tertib, dan lancar, jelasnya.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada keluarga dan kerabat WBP yang berkunjung ke lapas, rutan, LPKA, selain dari regu pengamanan, ada tambahan pegawai staf menjadi personel layanan kunjungan yang dikerahkan pada tiap hari secara bergantian.

Dia menjelaskan, berdasarkan data pada layanan kunjungan sejak hari pertama Idul Fitri, Rabu (10/4) tercatat 3.218 orang WBP telah dikunjungi oleh 12.672 orang keluarga dan kerabat WBP.

"Alhamdulillah tidak terdapat kendala maupun temuan barang terlarang yang dibawa keluarga dan kerabat WBP pada kunjungan tatap muka," ujarnya.

Sementara Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya memberikan apresiasinya serta berpesan kepada seluruh petugas untuk selalu siaga dan waspada terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban.

Kemudian petugas juga diminta meningkatkan pengamanan dan pengawasan demi kelancaran kegiatan penerimaan kunjungan Hari Raya Idul Fitri baik di dalam lingkungan unit pelaksana teknis (UPT) maupun lingkungan luar di sekitarnya.

“Layanan ini dapat menjadi penawar rasa rindu warga binaan terhadap keluarga. Oleh karena itu, saya berharap kepada teman-teman WBP dan keluarga agar dapat memanfaatkan layanan ini dengan sebaik-baiknya serta mematuhi aturan yang ditentukan,” ujar Ilham.