Polresta Palembang amankan perayaan cap go meh

id polresta, polresta palembang,cap go meh, perayaan cap go meh,imleks, pulau kemaro,polisi,polresta amankan cap go meh, warga tionghoa, tionghoa

Polresta Palembang amankan perayaan cap go meh

Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono (ANTARA New Sumsel/Feny Selly/Ang/17)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Ratusan personel Polresta Palembang, Sumatera Selatan diturunkan untuk mengamankan kegiatan puncak perayaan Imlek, Cap Go Meh di kawasan Pulau Kemaro dan sekitarnya.

"Kawasan Pulau Kemaro setiap tahunnya menjadi pusat kegiatan warga keturunan Tionghoa merayakan Cap Go Meh. Untuk menjamin keamanan dan kelancaran pelaksanaan kegiatan yang berlangsung hari ini hingga tengah malam itu diturunkan personel berpakaian dinas dan umum," kata Kapolresta Palembang, Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono di Palembang, Rabu.

Menurut dia, warga keturunan Tionghoa yang berkunjung ke kawasan Pulau Kemaro mencapai ribuan orang, berasal dari berbagai daerah baik dalam wilayah Sumatera Selatan maupun luar provinsi ini bahkan ada yang berasal dari luar negeri seperti Singapura.

Warga keturunan Tionghoa itu, berkunjung ke Pulau Kemaro ada yang melalui jalur Sungai Musi dan jalur darat melalui jalan yang ada di samping kompleks perumahan karyawan dan pabrik PT Pupuk Sriwidjaja.

Selain Pulau Kemaro, pihaknya juga membantu pengamanan di kawasan objek wisata rumah peninggalan warga Tionghoa, Kampung Kapitan yang menjadi tempat festival kreatif yang dibuka pada 28 Februari hingga 3 Maret 2018.

Beberapa tempat yang digunakan untuk memfasilitasi masyarakat menuju Pulau Kemaro dan festival itu, menjadi fokus pengamanan sehingga seluruh kegiatan untuk menyemarakkan Cap Go Meh di kota ini bisa berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar, kata Kombes Pol Wahyu Bintono.

Dia menjelaskan, kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini secara umum cukup kondusif.

Untuk menjaga situasi kamtibmas di kota ini tetap kondusif, selain meningkatkan kesiapsiagaan personel jajaran Polresta Palembang, pihaknya juga mengimbau kepada semua pihak dan lapisan masyarakat untuk berpartisipasi menjaga keamanan lingkungan masing-masing.

Jika terdapat tindakan seseorang atau sekelompok orang di suatu kawasan permukiman penduduk yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, diminta untuk melaporkannya kepada aparat kepolisian terdekat, kata Kapolresta.