Bulog gelar operasi pasar murah sembako

id bulog, sembako, operasi pasar, op, stabilkan harga, pangan

Bulog gelar operasi pasar murah sembako

Dokumentasi - Sejumlah petugas Perum Bulog Divre III Sumatera Selatan melayani pembeli saat operasi pasar sembako di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (8/6/2016). (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Bulog Divisi Regional Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggelar operasi pasar murah  bahan kebutuhan pokok dengan harga di bawah pasaran bagi masyarakat di wilayah itu.

"Kami meluncurkan operasi pasar berupa bahan kebutuhan pokok murah bagi masyarakat di Ogan Komering Ulu (OKU)," kata Kepala Bulog Sub Divisi Regional  OKU, Junaidi di Baturaja, Rabu.

Operasi pasar yang diluncurkan itu dengan menjual sembako seperti beras, gula pasir, minyak sayur, bawang putih, daging dan telur yang harganya murah terjangkau oleh masyarakat.

Dalam operasi ini pihaknya telah menyiapkan sebanyak 250 ton gula pasir, minyak sayur 19 ribu liter, bawang putih 750 kilogram (kg), daging beku 350 kg dan telur ayam 150 kg.

"Operasi pasar ini kita luncurkan untuk mendukung program stabilitas pangan dari pemerintah," jelasnya.

Menurut dia, sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan Bulog Pusat, pihaknya merencanakan memberlakukan sistem "Rumah Pangan Kita" (RPK).

Program RPK bertujuan untuk menekan dan mengontrol terjadinya lonjakan harga sembako di pasaran.

"Ini sesuai program pusat, yang  mewajibkan setiap Bulog di kabupaten/kota memiliki Rumah Pangan Kita," ungkapnya.

Terkait program RPK kata Junaidi, pihaknya akan bekerjasama dengan mitra masyarakat seperti pedagang yang ada di Pasar Atas dan Pasar Baru Baturaja.

"Kami berharap kebutuhan masyarakat di Baturaja dapat terpenuhi dengan harga  wajar dan terjangkau, sehingga tidak memberatkan masyarakat yang ekonominya lemah juga membantu di tengah melambungnya harga pangan di pasaran," ujarnya.