RSMH Palembang gelar operasi bibir sumbing gratis

id operasi, bibir sumbing, rsmh gelar operasi bibir sumbing

RSMH Palembang gelar operasi bibir sumbing gratis

RSMH Palembang, Kamis menggelar operasi bibir sumbing gratis (Foto: antarasumsel.com/Feni Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Rumah Sakit Umum dr Moehammad Hoesin menggelar operasi bibir sumbing bagi puluhan pasien secara gratis di graha spesialis RSMH Palembang, Kamis.

"Gelar operasi gratis ini merupakan bagian dari Hari Ulang Tahun Rumah Sakit dr Moehammad Hoesin (RSMH)," ujar Ketua Pelaksana Bakti Sosial, dr Iqmal Perlianta, di sela pelaksanaan kegiatan.

Menurut dia, dari pelaksanaan operasi bibir sumbing gratis yang pernah ada, bakti sosial kali ini pesertanya dinilai cukup ramai.

"Selama ini kami mengumpulkan pasien tapi tidak seramai seperti saat ini," kata dia.

Dijelaskannya, ramainya pasien ini juga atas bantuan pekerja sosial yang berupaya mencari pasien di pelosok kota dan provinsi di wilayah Sumsel.

"Dari daftar pasien yang didapat pekerja sosial kami menyeleksi, sebagian dari luar Kota Palembang seperti asal Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, kata Iqmal.

Dikatakannya, peminat operasi gratis ini cukup banyak, karena ongkos operasi cukup mahal berkisar Rp10 juta hingga Rp25 juta untuk bibir, hidung, maupun langit-langit mulut.

Operasi untuk satu pasien sendiri berlangsung selama 20 menit hingga 40 menit tergantung kelainannya baik bibir, langit-langit mulut, maupun hidung yang bila kurang bagus bisa diulangi lagi.

"Bila saat datang kondisi pasien bagus maka akan langsung dilayani," kata dia.

Dijelaskannya, faktor penyebab bibir sumbing sejak bayi bisa jadi dikarenakan radiasi maupun kekurangan gizi atau zat besi.

"Pada umumnya tiga bulan kelahiran bibir kita ini menutup, bisa karena syock," jelasnya.

Ia mengimbau, para ibu hamil wajib rutin melakukan pemeriksaan kehamilan, serta tidak boleh kurang gizi atau kurus.

Sedangkan faktor lain, sebagai penyebab bibir sumbing adalah faktor keturunan, katanya.