OKU Timur bantu biaya operasi penderita bibir sumbing

id Bibir sumbing, operasi gratis, celah langit-langit, pasien anak, RSUD OKU Timur

OKU Timur bantu biaya operasi penderita bibir sumbing

Ilustrasi anak penderita bibir sumbing. (ANTARA/HO-Pemkab/22)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan membantu biaya operasi penderita bibir sumbing bagi masyarakat yang membutuhkan di daerah itu.

Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah di Martapura, Selasa, mengatakan operasi bibir sumbing itu sendiri akan dilaksanakan serentak mulai 10 September 2022 di RSUD OKU Timur.

Dia mengatakan kegiatan bakti sosial tersebut dilaksanakan dalam rangka HUT RI Ke-77 tahun sekaligus membantu masyarakat kurang mampu yang menderita bibir sumbing untuk dioperasi secara gratis agar memiliki penampilan normal.

Dalam kegiatan bakti sosial tersebut, kata dia, pemerintah daerah bekerja sama dengan Yayasan Smile Train dan Yayasan YUR.

Untuk itu, Bupati mengimbau bagi masyarakat yang membutuhkan operasi bibir sumbing agar segera mendaftarkan diri di rumah sakit RSUD OKU Timur dengan persyaratan membawa fotocopy KTP dan Kartu Keluarga (KK).

"Sejauh ini sudah sebanyak 24 pasien anak-anak yang mendaftar dan masih ada peluang bagi masyarakat yang ingin ikut operasi tersebut," tegasnya. Operasi bibir sumbing adalah pengobatan paling utama untuk anak untuk memperbaiki celah pada bibir dan langit-langit yang terbentuk.

Hal ini dilakukan agar fungsi otot pada bagian wajah bisa bekerja dengan seharusnya dan penampilan wajah juga menjadi normal sehingga mengembalikan senyum masyarakat di daerah itu.

"Melalui kegiatan bakti sosial ini diharapkan OKU Timur dapat bebas dari penyakit bibir sumbing," harapnya.