IDI operasi bibir sumbing gratis puluhan anak di Kabupaten OKU Selatan

id Operasi bibir sumbing, HUT IDI, Ikatan Dokter Indonesia, bibir sumbing, IDI OKU Selatan

IDI operasi bibir sumbing gratis puluhan anak di Kabupaten OKU Selatan

Seorang anak penderita bibir sumbing warga OKU Selatan dioperasi dalam rangka HUT Ke-72 IDI tahun 2022, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Muaradua (ANTARA) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan, melaksanakan operasi bibir sumbing secara gratis untuk puluhan anak di daerah itu agar dapat hidup normal.

Ketua IDI OKU Selatan dr. Febri Mahadika di Muaradua, Minggu, menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Ke-72 Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing yang dipusatkan di RSUD Muaradua itu diikuti sebanyak 24 pasien anak dari OKU Selatan, serta tiga pasien anak dari Mesuji dan dua dari Liwa, Provinsi Lampung.
 

"Jadi tidak hanya anak-anak penderita sumbing dari OKU Selatan saja yang dioperasi, namun ada juga beberapa dari kabupaten tetangga," katanya.

Menurut dia, kegiatan bakti sosial tersebut digelar dalam upaya membantu masyarakat penderita bibir sumbing yang membutuhkan bantuan penanganan medis untuk dioperasi secara gratis.

Dalam melakukan operasi pihaknya melibatkan dokter spesialis untuk membantu masyarakat dalam mengubah dunia senyuman anak agar memiliki senyum yang indah.

Ia menjelaskan, operasi tersebut dilakukan dengan cara dibedah oleh tim medis untuk menutup sumbing secara sempurna.

"Seperti kita ketahui penyakit bibir sumbing seringkali membuat anak kehilangan kepercayaan diri karena kondisi fisik yang tidak normal," katanya.

Ia berharap melalui kegiatan bakti sosial ini dapat memberikan manfaat dan mengembalikan kepercayaan diri anak sehingga dapat ceria dalam menatap masa depan.

"Selain kepercayaan diri, dengan dioperasi diharapkan tidak lagi mengganggu proses makan layaknya seperti anak-anak normal lainnya," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IDI operasi bibir sumbing gratis puluhan anak di OKU Selatan