Warga kabupaten Musi Banyuasin diimbau siaga banjir

id banjir, Sekretaris Daerah Musi Banyuasin, Sohan Majid, bencana banjir, dampak musim hujanrawan bencana banjir seperti Kecamatan Babat Supat

Warga kabupaten Musi Banyuasin diimbau siaga banjir

Ilustrasi-Seorang siswa Sekolah Dasar menyusuri jalan yang tergenang air . (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah Musi Banyuasin Sohan Majid mengimbau warga kabupaten setempat agar siaga menghadapi kemungkinan terjadinya bencana banjir dampak musim hujan sekarang ini.

"Warga terutama yang tinggal di desa dalam wilayah kecamatan rawan bencana banjir seperti Kecamatan Babat Supat dan Sanga Desa diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, sehingga bisa dihindari kerugian harta benda dan korban jiwa," kata Sekda Sohan Majid di Sekayu, Jumat.

Dia menjelaskan, tingginya curah hujan pada November 2016 ini perlu diwaspadai karena sungai yang ada di sekitar Bumi Serasan Sekate ini sewaktu-waktu bisa meluap dan menggenangi jalan akses desa, kawasan permukiman penduduk, dan kebun/sawah.

Melihat kondisi cuaca yang diprakirakan BMKG Sumsel akan terus terjadi peningkatan intensitas curah hujan di Kabupaten Musi Banyuasin, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang berada di desa yang rawan banjir untuk lebih waspada dan diminta kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Sosial untuk siaga dan menyiapkan bantuan bagi korban bencana, katanya.

Menurut dia, dengan dukungan SKPD tersebut, pihaknya bisa melakukan tindakan cepat membantu masyarakat yang tertimpa bencana.

Bantuan bencana yang disiapkan sekarang ini di antaranya berupa beras, mie instan, selimut, obat-obatan dan bantuan lainnya yang biasa dibutuhkan masyarakat di lokasi bencana.

Dengan peningkatan kesiapsiagaan masyarakat dan jajaran Pemkab Musi Banyuasin serta tersedianya bantuan tersebut diharapkan dapat bermanfaat mengurangi beban masyarakat jika terjadi bencana dampak negatif musim hujan itu serta dapat dihindari timbulnya permasalahan sosial, ujar Sekda.