Warga Badui siap gelar Seba

id warga badui,tradisi seba,upacara tradisi seba

Warga Badui siap gelar  Seba

Tetua Adat Badui yang juga Kepala Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Djaro Saija. (ANTARA/Mansur)

Rangkasbitung (ANTARA) -
Tradisi Seba merupakan tradisi sekaligus kearifan lokal warga Suku Baduy di Kabupaten Lebak Provinsi Banten yang mencerminkan kuatnya hubungan antara masyarakat dengan pemerintahan di kawasan itu.

Warga Badung Dalam dan Baduy luar biasanya membawa hasil pertanian dan ladang mereka kepada bupati dan gubernur yang dilakukan dengan berjalan kaki.

 
"Kami sudah mempersiapkan hasil pertanian ladang untuk diberikan kepada bupati dan gubernur pada upacara perayaan tradisi Seba," kata Tetua Adat Badui yang juga Kepala Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak Djaro Saija saat ditemui di kediamannya di Kadu Ketug kawasan pemukiman masyarakat Badui, Sabtu.
 
Masyarakat Badui melaksanakan upacara tradisi Seba dengan mengunjungi kepala pemerintahan kabupaten dan provinsi sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan limpahan hasil panen pertanian ladang.
 
 
Selain itu juga rasa syukur kepada kepolisian yang telah memberikan keamanan sehingga masyarakat Badui terlindunginya.
 
Masyarakat Badui kini telah mempersiapkan untuk merayakan upacara Seba dengan beberapa komoditas hasil pertanian ladang di antaranya pisang, iris, beras, gula merah, petai, talas, tepung laksa dan lainnya.\