Harga beli TBS di Bengkulu Rp2,57 ribu per kilogram

id Harga beli TBS di Bengkulu,Dinas TPHP Provinsi Bengkulu,Kota Bengkulu,Bengkulu,TBS Kelapa Sawit, Pemprov Bengkulu, Kenai

Harga beli TBS di Bengkulu Rp2,57 ribu per kilogram

Harga beli TBS kelapa sawit di Bengkulu capai Rp2,57 ribu per kilogram. ANTARA/Anggi Mayasari

Kota Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama dengan Tim Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit telah menetapkan harga pembelian TBS di tingkat pabrik untuk periode Mei 2024 sebesar Rp2,57 ribu per kilogram atau mengalami kenaikan dari harga April yang sebesar Rp2,4 ribu per kilogram.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Bickman, di Bengkulu, Jumat, mengatakan kenaikan harga ini merupakan refleksi dari peningkatan kualitas buah yang dipanen.

"Harga tandan buah segar kelapa sawit di Bengkulu pada periode Mei alami kenaikan Rp129 jika dibandingkan dengan harga pada April lalu," kata dia.

Menurut dia, peningkatan kualitas buah adalah hasil dari panen TBS yang telah matang sempurna. Jenis ini masuk dalam kategori satu, yang berdampak positif pada kualitas yang dihasilkan saat proses pengolahan.

Faktor lain yang turut mempengaruhi kenaikan harga adalah fluktuasi harga TBS yang dipengaruhi oleh kondisi cuaca, permintaan pasar global, dan kebijakan pemerintah.