Karoops Polda Sumsel ajak pers ikut ciptakan suasana kondusif Pilkada 2024

id sumsel, pilkada 2024

Karoops Polda Sumsel ajak  pers ikut ciptakan suasana kondusif Pilkada 2024

Kepala Biro Operasi (KaroOps) Polda Sumsel Kombes Pol M Anis Prasetyo. (ANTARA/Syarif Abdullah)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda Sumatera Selatan Kombes Pol M Anis Prasetyo mengajak insan pers di Provinsi Sumsel untuk bersama-sama ikut menciptakan suasana kondusif sepanjang tahapan dan proses Pilkada Serentak 2024.

Hal itu disampaikan Karoops Polda Sumsel dalam diskusi peliputan Pilkada Serentak 2024 yang digelar Dewan Pers di Kota Palembang, Kamis (2/4/2024).

"Media massa punya peranan besar untuk ikut menjaga dan menciptakan suasana kondusif di masyarakat, termasuk pada momen Pilkada Serentak 2024 mendatang," katanya.

Menurut dia, media memiliki kekuatan besar untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat terkait Pilkada. Sehingga penyampaian informasi yang baik dan benar sesuai fakta akan sangat membantu masyarakat menyikapi dinamika Pilkada.

Masyarakat menurut dia selalu ingin tahu dan membutuhkan informasi terkait hal-hal yang sedang berkembang seperti Pilkada. Selain itu juga media massa harus bisa memberikan rujukan informasi terkait isu-isu yang berkembang, terutama dalam menangkal berita hoax.

"Insan pers melalui media harus bisa memetakan dan menjelaskan isu-isu terkini, serta mematahkan hoax yang banyak berkembang di masyarakat," katanya.

Selain itu, ia berharap insan pers di Sumatera Selatan juga terus meningkatkan sinergitas dengan penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu, kepolisian dan pemerintah daerah agar Pilkada serentak di Sumsel berlangsung aman, lancar dan berkualitas.

Ia juga menyampaikan pengalaman lapangannya dalam pengamanan Pemilu maupun Pilkada yang cukup terbantu melalui sinergisitas dengan insan pers.