Kemenpan RB akan jadi "role model" gerakan arsip nasional

id kemenpan, kemenpan rb, role model, contoh, gerakan arsip nasional, arsip

Kemenpan RB akan jadi "role model" gerakan arsip nasional

Ilustrasi - Petugas sedang menyusun berkas arsip (FOTO ANTARA)

...Sebagai kementerian yang bertanggung jawab terhadap birokrasi, Kementerian PAN-RB akan menjadi contoh bagi kementerian dan lembaga dalam mengelola arsip...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) selaku kementerian yang bertanggung jawab terhadap birokrasi akan menjadi role model dalam gerakan arsip nasional.
       
"Sebagai kementerian yang bertanggung jawab terhadap birokrasi, Kementerian PAN-RB akan menjadi contoh bagi kementerian dan lembaga dalam mengelola arsip," katanya saat mengunjungi kantor Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Jakarta Selatan, Selasa.
       
Dia berharap Kementerian PANRB selaku role model dapat menularkan gerakan nasional sadar arsip ke kementerian dan lembaga lain.
      
Dia juga mengajak seluruh instansi pemerintah melakukan gerakan nasional sadar arsip.
       
Menurutnya, arsip merupakan bagian dari tata kelola pemerintahan. Pengarsipan yang buruk mengindikasikan birokrasinya yang buruk.
       
"Jadi harus ada gerakan sadar arsip nasional dan harus dimulai dari lingkungan kita dulu. Ini kan pekerjaan yang selama ini diabaikan," kata Asman.
       
Menurut Asman, arsiparis (pengelola arsip) merupakan orang yang memiliki keahlian khusus. Tanpa kecintaan terhadap profesi kearsipan maka arsip-arsip yang sudah hancur karena terkena bencana tidak akan bisa diselamatkan.
       
Kepala ANRI Mustari Irawan mengatakan banyak kementerian/lembaga (K/L) yang belum tertib dalam mengelola arsip. Menurutnya, hal tersebut dipengaruhi oleh lima faktor yaitu sumber daya manusia, masalah kelembagaan, NSPK (norma, standar, prosedur, dan kriteria), sarana dan prasarana, serta Teknologi Informasi (TI).
       
"Kami berharap Kementerian PANRB bisa menjadi percontohan ke depan. Ini bisa jadi bench marking bagi kementerian lain. Kami memberikan dukungan," kata Mustari.