Pemkab OKU Timur raih tiga penghargaan tingkat nasional

id Penghargaan tingkat nasional, pelayanan publik, kategori prima, KEMENPAN-RB, Pemkab OKU Timur

Pemkab OKU Timur raih tiga penghargaan tingkat nasional

Pemkab OKU Timur meraih tiga penghargaan tingkat nasional, Sabtu. (ANTARA/Diskominfo OKU Timur/23)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan meraih tiga penghargaan tingkat nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI.

Kepala Bagian Organisasi Pemkab OKU Timur Maya Eka Sari di Martapura, Sabtu mengatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada tiga instansi di pemerintahan daerah setempat yaitu Dinas Sosial, Pemerintah Kecamatan Buay Madang Timur dan RSUD OKU Timur.

"Penghargaan tersebut diterima langsung oleh masing-masing instansi di Kantor Kementerian PAN-RB RI, Jakarta Selatan pada Jumat (8/12)," katanya.

Dia menjelaskan, tiga penghargaan tersebut diraih berdasarkan hasil Pemantauan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2023.

Di mana hasil penilaian PEKPPP Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) OKU Timur mendapatkan predikat sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Prima.

Kemudian, Dinas Sosial OKU Timur mendapatkan predikat sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik (A-) dan Kecamatan Buay Madang Timur mendapatkan predikat sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori A-.

“Pemkab OKU Timur masuk peringkat ke-43 dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia. Untuk di Sumsel meraih posisi ke-2 setelah Kota Palembang dengan nilai rata-rata 4,31 atau predikat A-” jelasnya.

Maya menjelaskan, tiga unit pelayanan publik yang mendapatkan penghargaan ini menjadi lokus penilaian di mana RSUD OKU Timur mencerminkan pelayanan jasa, Dinas Sosial pelayanan barang dan Kecamatan Buay Madang Timur mencerminkan pelayanan administratif.

“Tiga lokus ini mewakili unsur pelayanan publik, dan OKU Timur dianggap telah memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh kementerian,” ujarnya.