Lubuklinggau segera selesaikan pembangunan "waterboom"

id bupati lubuklinggau, sn prana putra sohe, waterboom, kolam renang, wahana permainan air

SN Prana Putra Sohe memberikan keterangan pers. (IST)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan pada tahun 2016 ini akan menyelesaikan pembangunan "waterboom" atau tempat rekreasi yang memiliki berbagai wahana permainan air, di sekitar kawasan Objek Wisata Air Terjun Temam.

Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe kepada wartawan di Lubuklinggau, Minggu, mengatakan selama ini pengunjung hanya menikmati wisata Air Terjun Temam saja. Nantinya setelah pembangunan waterboom selesai, mereka bisa berekreasi dan berwisata ke waterboom.

Pembangunan objek wisata waterboom itu menghabiskan dana sekitar Rp5 miliar. Selain untuk menarik kunjungan wisatawan, pembangunan objek wisata itu juga sebagai sumber peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Ia mengatakan pembangunan waterboom itu sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu, namun sempat terhenti akibat keterbatasan anggaran dan pada 2016 bangunan itu dilanjutkan dan akan rampung beberapa bulan ke depan.

Menurut dia, bila bangunan waterboom itu rampung, masyarakat Kota Lubuklinggau dan sekitarnya, khusus keluarga yang ingin rekreasi tidak perlu jauh-jauh pergi ke Kota Palembang karena Lubuklinggau sudah memiliki waterboom sendiri.

"Penyelesaian pembangunan waterboom akan melengkapi Objek Wisata Air Terjun Temam. Ini sebagai inovasi wahana rekreasi di Lubuklinggau," katanya.

Selain itu, dengan banyaknya wahana rekreasi maka akan menambah penghasilan Pemerintah Kota Lubuklinggau terutama PT Linggau Bisa sebagai pengelolanya.

"Insya Allah jika Waterboom telah selesai diharapkan bisa meningkatkan penghasilan masyarakat sekitarnya, terutama pedagang makanan, souvenir dan berbagai kerajinan khas Kota Lubuklinggau," katanya.

Wakil Wali Kota Lubuklinggau Sulaiman Kohar mengatakan waterboom itu sudah dibangun sejak tiga tahun lalu, namun dikerjakan secara bertahap sesuai anggaran yang tersedia. Untuk tahun 2016, wali Kota menginstruksikan agar selesai dan bisa dinikmati mulai bulan Ramadhan tahun 1437 Hijriah.

Ia mengatakan Objek Wisata Air Terjun Temam saat ini sudah banyak sekali pengunjungnya, bahkan pernah menjadi lokasi pertemuan wisata mancanegara tahun 2015 karena nilai ekosistemnya sangat menarik wisatawan asing.

Objek wisata di Kota Lubuklinggau yang tak kalah menariknya adalah kawasan Bukit Sulap. Kawasan itu sudah dilengkapi dengan rel kereta ke atas bukit sepanjang 1,5 kilometer.

Kereta juga digunakan untuk mengangkut para peserta lomba sepeda gunung tingkat internasional yang pernah digelar beberapa kali di lokasi itu.

"Bukit Sulap juga menjadi salah satu lokasi melihat gerhana matahari pada bulan Maret 2016, selain Jembatan Ampera di Kota Palembang," katanya.***1***



(T.Z005/B/A039/A039) 15-05-2016 22:18:29
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar