Wakot Lubuklinggau bantu Polres mobil operasional

id polres, polres lubuklinggau

Wakot Lubuklinggau bantu Polres mobil operasional

Polres Lubuklinggau (FOTO ANTARA)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan akan membantuan satu unit mobil operasional dan seratus unit kamera pengintai, atau CCTV ke Polres setempat untuk menekan angka kriminalitas yang sering meresahkan masyarakat di wilayah itu.

Bantuan tersebut akan diberikan pada 1 Juli 2014 bertepatan peringatan HUT Bhayangkara ke-68 di wilayah itu, kata Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe, Jumat.

Program pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) dilakukan di setiap perkantoran dan titik rawan di wilayah itu untuk menekan jumlah tindak kriminal yang marak terjadi di Lubuklinggau selama ini, sedangkan operasionalnya dibawah kendali jajaran Polres setempat.

Dengan adanya CCTV tersebut diharapkan dapat menekan kejahatan sehingga pelaku kriminalitas di wilayah itu dapat diminimalisir, karena akan dibantu oleh setiap Polsek yang tersebar di Kota Lubuklinggau.

Ia mengharapkan, dengan adanya CCTV ini dapat mengurangi niat para pelaku kejahatan untuk menjalankan aksinya, dengan demikin rasa aman dan nyaman masyarakat dapat tercipta.

"Mari sama-sama kita bangun kepedulian sesama masyarakat dengan kepedulian tersebut akan tercipta hidup rukun, damai, aman dan nyaman," ujarnya.

Kota Lubuklinggau perlu adanya keamanan yang kondusif karena selain letak geografis menjadi kota transit antara Sumatera, juga kepala daerah seperti Bupati Musirawas H Ridwan Mukti dan penjabat Bupati Musirawas Utara tinggal di wilayah itu.

"Kita berupaya mewujudkan masyarakat madani, menyatukan hidup rukun dan damai, meski berbeda-beda suku dan bangsa yang diharapkan membuat suasana aman," katanya.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Dover Cristian Lumban Gaol mengatakan akan mempersiapkan personel khusus untuk mengendalikan monitor sistem CCTV, program ini diluncurkan untuk pengamanan di wilayah Kota Lubuklinggau dan sekitarnya.

Ruang kontrol CCTV itu nantinya akan ditempatkan dibagian humas Polres dan dikendalikan personel

untuk mengontrol di ruang monitornya nanti, wilayah akan dipantau dan dipasang CCTV itu antara lain di jalan rawan tindak kejahatan dan jalan-jalan padat lalu lintas.

"Kita siap untuk menjalankan sisitem pengendalian CCTV itu, karena semua titik rawan kriminal sudah kita survei dan akan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, ke depan masing-masing CCTV diupayakan terkoneksi dengan Mabes Polri, " ujarnya.