OJK dorong edukasi keuangan masyarakat melalui kampus

id ojk, edukasi keuangan masyarakat mellaui kampus, sosialisasi ke kampus, perguruan tinggi

OJK dorong edukasi keuangan masyarakat melalui kampus

Otoritas Jasa Keuangan - OJK (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

...Kerja sama ini meliputi bidang pengembangan sektor jasa keuangan, peningkatan literasi keuangan, dan perlindungan konsumen di sektor jasa keuangan, serta sosialisasi...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong edukasi keuangan masyarakat melalui kerja sama dengan pihak perguruan tingggi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pengguna produk dan jasa keuangan.
         
Siaran pers OJK Selasa menyebutkan salah satu kerja sama tersebut dengan menandatangani nota kesepakatan dengan Universitas Diponegoro (Undip).
         
Proses penandatangan dilakukan anggota Dewan Komisioner OJK yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono dan Rektor Undip  Sudharto P. Hadi,  diselenggarakan di Gedung Dekanat Undip, Semarang, Jawa Tengah, Selasa.
         
Kerja sama ini meliputi bidang pengembangan sektor jasa keuangan, peningkatan literasi keuangan, dan perlindungan konsumen di sektor jasa keuangan, serta sosialisasi.
         
Dalam sambutannya Kusumaningtuti menyebutkan bahwa kerja sama dengan perguruan tinggi seperti Undip diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat di bidang keuangan serta meningkatkan jumlah pengguna produk dan jasa keuangan.
         
Selain dengan Undip, OJK sudah melakukan kerja sama literasi keuangan dengan berbagai perguruan tinggi, seperti Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang.
         
Pada hari yang sama Kusumaningtuti  juga melakukan peninjauan pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) tematik yang dilakukan Unwahas di Desa Kembangarum, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jateng, sebagai tindak lanjut dari MoU antara OJK dan Unwahas.
         
KKN tematik mengenai literasi keuangan dilakukan dengan membuat simulasi bank mini yang dilakukan oleh siswa-siswa Sekolah Dasar Kembangarum 1.
         
Menurut Kusumaningtuti, pemahaman literasi keuangan yang baik diharapkan mampu membuat masyarakat lebih sejahtera. Antara lain melalui pemanfaatan produk jasa keuangan, perencanaan keuangan yang lebih baik, pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan, mencegah berinvestasi pada instrumen keuangan yang tidak jelas, serta peningkatan pemahaman masyarakat atas manfaat dan risiko produk dan jasa keuangan.
         
Dari sudut pandang lembaga jasa keuangan, manfaat dari literasi keuangan diantaranya meliputi peningkatan keuntungan dari semakin tingginya transaksi keuangan masyarakat dan motivasi bagi lembaga jasa keuangan untuk terus menerus mengembangkan produk dan layanan keuangan sesuai kebutuhan masyarakat.