PDIP wajib punya kader di dua Pilkada

id pdip, wajib dua kader di pilkada

PDIP wajib punya kader di dua Pilkada

Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel Giri Ramanda Kiemas (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/Den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan menyatakan partai itu wajib mempunyai kader sendiri untuk dicalonkan di dua kabupaten yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak Desember 2015.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan HM Giri Ramanda N Kiemas di Palembang, Rabu menyampaikan hal itu terkait dengan pilkada di tujuh kabupaten di Provinsi Sumsel.

Menurut dia, partai itu wajib mempunyai kader sendiri untuk calon bupati atau wakil bupati di Kabupaten Musirawas dan Penukal Abab Lematang Ilir pada pilkada nanti, karena memang PDI Perjuangan mendapat kursi Ketua DPRD di dua daerah tersebut.

Sementara untuk tiga daerah lainnya yakni Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur dan Ogan Ilir sifatnya sunnah, karena memang mendapat posisi pimpinan di DPRD di daerah itu, katanya.

Ia mengatakan, untuk daerah yang memang tidak mendapat kursi pimpinan DPRD yakni di Musirawas Utara dan Ogan Komering Ulu Selatan tentunya bersama-sama sebagai partai pengusung pada pilkada nanti. Akan tetapi, kalau bisa dapat posisi wakil bupati di daerah itu, ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya masih menunggu rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan siapa yang akan diusung pada pilkada di tujuh kabupaten di Sumsel.

"Mudah-mudahan sebelum Idul Fitri ini sudah keluar semua rekomendasi dari DPP siapa yang akan dicalonkan di tujuh kabupaten pilkada nanti," tuturnya.

Sementara Bendahara DPD PDI Perjuangan Sumsel, Yudha Rinaldi menyatakan pihaknya sudah menyampaikan semua nama bakal calon kepala daerah ke DPP partai tersebut.

"Kita berharap dalam minggu ini atau minggu kedua Juli 2015 sudah keluar rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan untuk calon bupati/wakil bupati yang akan dicalonkan pada pilkada nanti," tuturnya.

Ia menjelaskan, nanti nama-nama bakal calon kepala daerah yang keluar dari DPP PDI Perjuangan itu sudah berpasangan.

Di Sumsel ada tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering UlU Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, Musirawas, dan dua daerah pemekaran yakni Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, dan Musirawas Utara.