Disdukcapil OKU Selatan jemput bola perekaman E-KTP pelajar

id Perekaman e-KTP, pelajar sekolah, wajib KTP, Pemilu 2024, Disdukcapil OKU Selatan

Disdukcapil OKU Selatan jemput bola perekaman E-KTP pelajar

Pelajar SMA menjalani perekaman data untuk penerbitan KTP. (ANTARA/HO/23)

Muaradua (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatra Selatan menggencarkan serta melakukan jemput bola perekaman data Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik pelajar di wilayah itu.

Kepala Disdukcapil OKU Selatan Alfian Andriyanto di Muaradua, Jumat mengatakan, saat ini pihaknya menggencarkan perekaman data e-KTP di sekolah agar pelajar usia 17 tahun memiliki kartu identitas diri sebelum Pemilu 2024.

Proses perekaman tersebut dilakukan dengan cara jemput bola guna merekam data pelajar wajib KTP.

"Perekaman data e-KTP ini menyasar pada pelajar usia 17 tahun agar nantinya mereka tercatat sebagai pemilih pemula pada Pemilu 2024," katanya.

Perekaman data pelajar tersebut dilakukan secara bertahap ke sekolah-sekolah tingkat SMA sederajat di OKU Selatan agar sebelum proses pemilihan nanti seluruh siswa wajib KTP sudah memiliki kartu identitas diri sehingga bisa menyalurkan hak suaranya.

Dalam perekaman, kata dia, pihaknya membentuk tim untuk mendatangi setiap sekolah guna dilakukan perekaman di tempat.

"Selain ke sekolah, perekaman ini juga kami lakukan dengan cara door to door ke desa-desa di OKU Selatan," jelasnya.

Ia menambahkan, berdasarkan data selama Januari hingga Oktober tahun ini tercatat sebanyak 6.969 warga OKU Selatan telah melakukan perekaman e-KTP.

Dari jumlah tersebut sebanyak 1.404 orang diantaranya adalah pemilih pemula yang tinggal menunggu proses pencetakan kartu identitas.

"Ada juga beberapa pelajar yang sudah melakukan perekaman, namun kartu identitasnya tidak bisa dicetak karena usia mereka belum genap 17 tahun," ujarnya.