Pelayaran kapal cepat Palembang-Bangka sudah normal

id pelayanan jasa angkutan laut, kapal cepat, jetfoil, kapal, jadwal keberangkatan, sudah normal, normal

Pelayaran kapal cepat Palembang-Bangka sudah normal

Kapal cepat (jetfoil) rute Palembang-Bangka beroperasi normal. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Jadwal keberangkatan kapal cepat sekarang ini berjalan normal seiring mulai bersihnya jalur pelayaran Sungai Musi dari kabut asap karena akhir-akhir ini hujan sudah sering turun...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Jadwal pelayaran kapal cepat reguler rute Palembang-Pulau Bangka saat ini sudah normal kembali setelah dua bulan sebelumnya sering mengalami penundaan akibat gangguan kabut asap kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan dan sekitarnya.

"Jadwal keberangkatan kapal cepat sekarang ini berjalan normal seiring mulai bersihnya jalur pelayaran Sungai Musi dari kabut asap karena akhir-akhir ini hujan sudah sering turun," kata Kepala Operasional Perusahaan Pelayaran Ekspress Bahari, Ferry Apriadi di Palembang, Kamis.

Menurut dia, Kamis pagi ini satu kapal diberangkatkan dari Pelabuhan Boom Baru Palembang ke Muntok, Bangka sesuai jadwal yang ditetapkan pada pukul 07.00 WIB.

Meskipun kondisi jalur pelayaran sudah cukup aman untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa angkutan laut, pihaknya selalu mengingatkan kepada nahkoda dan awak kapal untuk berhati-hati karena bisa saja tiba-tiba cuaca di perairan Selat Bangka memburuk dan mengancam keselamatan pelayaran.

Jika kondisi cuaca di perairan Selat Bangka tiba-tiba buruk, pihaknya mengingatkan kepada nahkoda dan awak kapal untuk tidak berspekulasi memaksakan perjalanan. "Bila perlu kembali lagi saja ke Pelabuhan Boom Baru Palembang," katanya.

Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan kapal cepat, tidak perlu khawatir lagi ada penundaan atau bahkan pembatalan pemberangkatan, karena kondisi cuaca sekarang ini sangat mendukung untuk kegiatan pelayaran.

Untuk melakukan perjalanan, pihaknya menawarkan tarif tiket kapal cepat kelas VIP dewasa Rp285.000 per penumpang dan anak-anak Rp245.000 per orang satu kali perjalanan, kelas eksekutif dewasa Rp240.000 dan anak-anak Rp200.000, serta kelas bisnis dan ekonomi dewasa dikenakan tarif tiket Rp205.000 dan anak-anak Rp165.000 per orang.

Sementara itu Petugas Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) di Pos Penjagaan Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang, Apran mengatakan sekarang ini dua perusahaan pelayaran yang mengoperasikan kapal cepar rute Palembang-Bangka melakukan pelayanan secara normal sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Kapal Cepat Sumber Bangka dan Ekspress Bahari yang sebelumnya pada puncak musim kemarau September dan Oktober sering mengalami penundaan keberangkatan karena jalur pelayaran Sungai Musi hingga Selat Bangka diselimuti kabut asap, kini sudah normal kembali seiring kondisi cuaca yang cukup baik untuk pelayaran," ujarnya.