Sumsel tak termasuk kategori zona merah

id teroris, penyebaran teroris

Sumsel tak termasuk kategori zona merah

ILustrasi - Penggrebekan teroris (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan hingga saat ini tidak termasuk kategori "zona merah" terkait dengan penyebaran pelaku teror, namun masyarakat harus tetap waspada, kata Direktur Perlindungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Brigjen Pol Herwan Chaidir

"Kami telah melakukan pendataan terkait dengan gerakan teroris. Sejauh ini, Sumsel masih aman tetapi bukan berarti tidak ada upaya menjaga stabilitas daerah dari tindakan yang meneror tersebut," katanya ketika menjadi pembicara pada pelatihan jurnalisme damai di Palembang, Selasa (16/9).

Menurut dia, upaya menjadikan Indonesia bebas dari tindakan teror terus dilakukan berbagai lembaga negara.

Demikian juga, BNPT berperan optimal dalam mencegah dan menanggulangi terorisme.

Ia mengatakan guna mengantisipasi terjadinya teror tersebut diharapkan masyarakat lebih peduli dengan lingkungan.

"Jangan mudah menerima paham-paham yang mengajarkan jihad dengan cara meneror atau menggunakan kekerasan," katanya.

Dia menjelaskan tentang pentingnya masyarakat mewaspadai terhadap terorisme dengan cara tidak gampang tersulut paham-paham menyesatkan tersebut.

"Mencegah terorisme tentunya akan menjaga stabilitas Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Wakil Menteri Agama Prof Nasruddin Umar mengatakan upaya memprematurkan gerakan teror terus menerus dilakukan, seperti yang akhir-akhir ditempuh terkait dengan gerakan ISIS.

"ISIS tersebut, dipastikan melenceng dari agama Islam dan harus dibuat prematur sehingga tidak bisa bergerak lagi," katanya ketika menjadi pembicara utama dalam kegiatan itu.