13 kesepakatan gubernur dan bupati/wali kota Babel tekan inlasi

id Inflasi

13 kesepakatan gubernur dan bupati/wali kota Babel tekan inlasi

Para pejabat Pemprov Kepulauan Babel bersama pemkab/pemkot se-Babel berfoto bersama usai menyepakati 13 butir upaya mengendalikan inflasi. ANTARA/HO-Diskominfo Babel

Pangkalpinang, Babel (ANTARA) -
Semua pemerintah daerah bergerak untuk menekan angka inflasi serta menjamin kestabilan ekonomi di daerah masing-masing.

Salah satunya melalui langkah dan gerak berasama alam menjamin rantai pasok pangan serta edukasi budaya konsumsi masyarakatnya.

Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu bersama bupati dan wali kota se-Provinsi Kepulauan Babel menyepakati 13 butir dalam upaya mengendalikan inflasi daerah.

"Kesepakatan ini sebagai bentuk sinergisitas antara pj gubernur dengan bupati dan wali kota untuk mengantisipasi kenaikan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Adha, liburan sekolah, dan dampak El Nino," kata Suganda di Pangkalpinang, Babel, Kamis.

Ia mengatakan ke-13 kesepakatan dalam pengendalian inflasi itu adalah melakukan pemantauan berkala terhadap kecukupan stok barang kebutuhan pokok dan stabilisasi melalui operasi pasar bekerja sama dengan Bulog, distributor, pedagang besar, dan petani, dan peternak di masing-masing daerah.

Selain itu, mengembangkan sentra produksi komoditas tertentu yang bergejolak, seperti bawang merah dan cabai agar dapat dikembangkan di wilayah Bangka Belitung, sehingga mengurangi ketergantungan pasokan dari luar wilayah dan melakukan kajian menyeluruh terhadap dampak atau konsekuensi atas kebijakan dalam menaikkan tarif jasa layanan publik yang berada dalam kewenangannya, sehingga tidak mendorong peningkatan inflasi lebih lanjut.