10 desa di OKU nikmati akses internet gratis pada 2023

id Akses internet, jaringan internet gratis, 10 desa di OKU, Dana Bangub, Diskominfo OKU

10 desa di OKU nikmati akses internet gratis pada 2023

Kepala Diskominfo Ogan Komering Ulu (OKU), Priyatno Darmadi. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, menyebutkan sebanyak 10 desa di daerah itu menikmati akses internet gratis pada 2023 sehingga penyebaran informasi dapat lebih merata.

"Pada 2023 Pemkab OKU kembali mendapat alokasi dana Bantuan Gubernur (Bangub) Sumsel untuk pembangunan perluasan akses internet di 10 desa," kata Kepala Diskominfo Ogan Komering Ulu (OKU), Priyatno Darmadi di Baturaja, Sabtu.

Dia mengatakan,10 desa tersebut sebagian besar tersebar di Kecamatan Lengkiti dan Kedaton Peninjauan Raya yang masih terkendala jaringan internet karena jauh dari pusat Kota Baturaja.

Oleh sebab itu, pembangunan akses internet perlu dilakukan agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital meskipun berada di pelosok desa.

"Secara bertahap pembangunan jaringan internet terus kami lakukan khususnya di daerah yang jauh dari jangkauan internet," katanya.

Menurut dia, perluasan akses internet ini untuk memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan perkembangan teknologi di era digital.

Program yang sudah berjalan sejak 2021 tersebut sudah menjangkau sebanyak sembilan desa di Kabupaten OKU yang masuk titik blank spot atau tidak ada akses internetnya.

"Tahun 2021 akses internet dibangun di tiga desa. Untuk tahun ini ada enam desa yang sudah menikmati jaringan internet gratis," kata dia.

Perluasan akses internet tersebut akan dirancang agar bisa sampai ke desa-desa dengan menggunakan teknologi fiber optik yang bisa tahan dalam berbagai kondisi cuaca.