Sumsel siapkan bus gratis untuk warga mudik Lebaran

id Bus mudik gratis sumsel 2022, cara daftar bus mudik gratis sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara palembang,bus gratis,bus gratis mudik,info s

Sumsel siapkan bus gratis  untuk warga mudik Lebaran

Sejumlah armada bus Transmusi yang diparkir di Terminal Alang Alang Lebar Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/1/2022). (ANTARA FOTO / Feny Selly)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyiapkan bus Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) yang bisa digunakan warga setempat untuk melaksanakan perjalanan mudik Lebaran 2022 secara gratis.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel Ari Narsa di Palembang, Senin, mengatakan pihaknya menyediakan sebanyak 12 unit armada bus AKDP yang diagendakan berangkat pada 29 April atau H-3 Lebaran 2022.

Masing-masing bus tersebut melayani rute dari Palembang menuju beberapa kabupaten/kota, meliputi Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Musi Banyuasin, Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Kota Lubuk Linggau, Kota Pagaralam, dan Tanjung Api-api, Banyuasin.

Baca juga: Polisi kawal pemudik lewat jalur alternatif Jalinteng Sumatera

“Ini merupakan program pemerintah provinsi, semuanya dipastikan gratis,” kata dia.

Ia menjelaskan, warga yang berminat mendapatkan fasilitas bus gratis tersebut bisa mendaftarkan diri dengan cara mengakses kode batang (barcode) yang disiapkan di berbagai akun media sosial Dinas Perhubungan Sumsel.

Setelah masuk sistem yang disiapkan, kata dia, warga hanya perlu mengisi data diri kemudian melampirkan alamat email, daerah tujuan, jumlah yang berangkat, sertifikat vaksin COVID-19 dan nomer telepon.

“Bila sudah mengisi akan mendapatkan jawaban keberangkatan dari Dishub ke nomer/email yang diisikan. Jumlah anggota keluarga yang berangkat maksimal empat orang,” katanya.
Baca juga: Dinkes OKU siagakan puluhan petugas medis di posko mudik Lebaran
Baca juga: Sumsel harap truk angkutan nonpangan berhenti beroprasi H-7 Lebaran