Personel Polres OKU bantu pemudik yang kehabisan bekal ke Solo

id Arus balik, bus AKAP, ongkos mudik, Polres OKU

Personel Polres OKU bantu pemudik yang kehabisan bekal ke Solo

Anggota Pospam Lebaran Polres OKU memberikan surat dispensasi untuk seorang pemudik dari Pulau Jawa, Rabu. ANTARA/Edo Purmana/24

Baturaja (ANTARA) - Personel Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan membantu seorang pemudik dari Provinsi Jambi yang kehabisan uang untuk pulang ke kota asalnya di Solo, Jawa Tengah.

Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni di Baturaja, Rabu, mengatakan bahwa dalam pengamanan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah pihaknya berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, terutama para pemudik yang melintas di jalur mudik di wilayah itu.

"Termasuk anggota Pospam yang membantu seorang pemudik bernama ibu Dewi dari Jambi yang kehabisan ongkos untuk naik bus AKAP ke Solo," katanya.

Dia menjelaskan, peristiwa tersebut berawal saat petugas Pospam Lebaran Batukuning Polres OKU melihat seorang perempuan paruh baya bersama satu orang anaknya kebingungan di pinggir jalan.

"Melihat hal itu petugas kami langsung menghampirinya dan mempersilakan warga tersebut untuk beristirahat di Pospam Batukuning," katanya.

Ketika ditanya petugas, Dewi mengaku awalnya melakukan perjalanan dari Provinsi Jambi menggunakan bus tujuan ke daerah asalnya di Solo, namun ia kehabisan ongkos dan diturunkan sopir di Kota Baturaja.

"Kami mengambil langkah mengantarkan pemudik ini ke salah satu loket bus AKAP di Kota Baturaja, Kabupaten OKU," katanya.

Petugas pos pengamanan memberikan surat dispensasi agar Dewi bersama anaknya yang masih balita bisa dilayani jasa angkutan transportasi mulai dari bus, kapal laut, maupun kereta api dengan tidak dipungut biaya.

"Surat dispensasi ini diberikan khusus untuk pemudik yang benar-benar tidak mempunyai uang untuk kembali ke tempat tujuannya," ujar dia.