Kabupaten OKU optimalkan vaksinasi warga

id Program vaksinasi, vaksin masyarakat umum, target vaksin, keroyok vaksin

Kabupaten OKU optimalkan vaksinasi warga

Warga Kabupaten OKU antusias mengikuti program "Keroyok Vaksin", Jumat (26/11/2021). (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengoptimalkan pelaksanaan program vaksinasi bagi seluruh warga di wilayah itu agar mencapai target hingga akhir Desember 2021.

"Minimal tercapai 70 persen warga Kabupaten OKU tervaksin sebelum akhir tahun nanti," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ogan Komering Ulu (OKU) Andi Prapto di Baturaja, Jumat.

Dia mengatakan sejak digulirkan pada awal tahun lalu hingga saat ini cakupan program vaksinasi untuk masyarakat umum di Kabupaten OKU sudah mencapai 56,1 persen.

Berdasarkan data, dari 269.955 target sasaran vaksinasi warga OKU mulai usia 12-17 tahun hingga lansia yang akan divaksin, sebanyak 151.493 di antaranya sudah mendapat vaksin lengkap, tahap satu dan kedua.

"Artinya capaiannya sudah mencapai 56,1 persen sehingga diyakini dapat mencapai target," ujar dia.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya mengoptimalkan pelayanan vaksinasi dengan mengerahkan ratusan vaksinator yang disiagakan di seluruh puskesmas di setiap kecamatan di wilayah itu.

Dinas Kesehatan Kabupaten OKU juga dibantu TNI dan Polri menggencarkan program "Keroyok Vaksin" hingga desa-desa guna mencapai target kekebalan kelompok dari penyebaran COVID-19.

"Untuk persediaan dosis vaksin saat ini masih aman di mana tersedia lebih dari 10 ribu dosis Astrazeneca. Bahkan, dalam waktu dekat Kabupaten OKU akan mendapat tambahan dosis vaksin jenis Sinovac," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021