Cakupan vaksin PMK di OKU Selatan capai 100 persen pada 2023

id Vaksin PMK, program vaksinasi, hewan ternak, Diskannak OKU Selatan,berita palembang, berita sumsel

Cakupan vaksin PMK di OKU Selatan capai 100 persen  pada 2023

Tim Satgas dari Diskannak Kabupaten OKU memberikan suntikan vaksin anti PMK dosis kedua kepada hewan ternak milik masyarakat. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Muaradua (ANTARA) - Cakupan program vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan mencapai 100 persen atau sebanyak 500 ekor hewan ternak yang divaksinasi selama tahun 2023.

"Pemberian vaksin pada sapi tahun lalu mencapai target 100 persen," kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Selatan, Parida Ariani di Muaradua, Senin.

Dia mengatakan, program pemberian vaksin PMK tahap pertama di Kabupaten OKU Selatan pada tahun 2023 menyasar pada 500 ekor hewan ternak sapi milik masyarakat di wilayah itu sesuai target sasaran.

Dalam pemberian vaksin pihaknya membentuk tim satgas PMK untuk mendatangi sejumlah peternakan hewan mamalia milik masyarakat di beberapa kecamatan di Kabupaten OKU Selatan.

Hewan ternak milik masyarakat divaksinasi secara gratis jika memenuhi beberapa syarat antara lain dalam keadaan sehat dan sedang tidak hamil.