Orang tua tak perlu khawatir bila ketinggalan jadwal imunisasi

id imunisasi,vaksinasi anak, FKUI, kesehatan anak,RSCM,berita palembang, berita sumsel

Orang tua tak perlu khawatir bila ketinggalan jadwal imunisasi

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto saat menyaksikan pemberian imunisasi polio pada anak di Pekalongan, Rabu (10/1/2024). (ANTARA/HO-Humas Kota Pekalongan)

Jakarta (ANTARA) - Ahli Tumbuh Kembang Anak dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dr Angga Wirahmadi mengatakan orang tua tidak perlu khawatir bila ketinggalan jadwal vaksin, karena tenaga kesehatan memiliki solusinya.

"Kalau lupa, tidak sempat, terkendala pekerjaan rumah, bingung terhadap jenis imunisasi yang banyak, tenang. Para tenaga kesehatan, dokter, bidan, dan klinik imunisasi ada strategi untuk mengejar imunisasi anak yang tidak lengkap, yaitu melalui vaksin ganda," katanya dalam diskusi mengenai imunisasi pada anak yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat.

Angga menjelaskan vaksin ganda adalah pemberian tiga sampai empat jenis vaksin yang berbeda dalam sekali kunjungan. Pemberian imunisasi dengan metode ini memungkinkan para orang tua untuk mengejar ketertinggalan vaksin anak.

Ia menyatakan pemberian imunisasi dengan metode ini aman untuk dilakukan, serta tidak menambah efek samping kejadian ikutan setelah imunisasi (KIPI) selama dilakukan sesuai dengan prosedur.