Pemkab OKU Timur luncurkan Kampung Koperasi

id Kampung koperasi, Desa Wanabhakti, ekonomi masyarakat, Dinas Koperasi dan UKM, Bupati OKU Timur

Pemkab OKU Timur luncurkan Kampung Koperasi

Pemkab OKU Timur meluncurkan Kampung Koperasi di Desa Wanabhakti, Kecamatan Madang Suku III, Jumat (8/10/2021). (ANTARA/Edo Purmana/21)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan meluncurkan Kampung Koperasi di Desa Wanabhakti, Kecamatan Madang Suku III, Jumat.

Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah di Martapura, Jumat menerangkan, hadirnya kampung koperasi sebagai bentuk pembangunan sinergitas masyarakat di wilayah itu.

Kampung koperasi ini sebagian besar dikelola pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah warga Desa Wanabhakti yang mengelola usaha simpan pinjam dan kerajinan tangan.

"Di sini banyak sekali produk kerajinan tangan, termasuk salah satunya bonsai yang bisa dijual ke mancanegara dengan harga tinggi," katanya.

Bupati berharap koperasi di Desa Wanabhakti dapat terus berkembang sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM OKU Timur, Santio menambahkan, Desa Wanabhakti dinobatkan sebagai Kampung Koperasi karena memiliki kemajuan dalam pengelolahan koperasi sejak tahun 2016.

"Anggota koperasi tidak hanya masyarakat desa ini saja, namun sudah antar lintas kabupaten dan provinsi," jelasnya.

Di Desa Wanabhakti terdapat tujuh koperasi dan dalam satu desa lebih dari 60 persen warganya merupakan anggota koperasi.

Di desa itu banyak anggota koperasi yang membina kerajinan tangan seperti anyaman bambu, penanaman dan pemeliharaan bonsai, kuliner, pembuatan kain, konveksi dan lain sebagainya.

"Dengan adanya koperasi-koperasi seperti ini diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat," ujarnya.