200 UMKM akan ramaikan Pasar Bedug di OKU

id Pasar bedug, Pemkab OKU, bulan suci Ramadhan, Dinas Koperasi OKU

200 UMKM akan ramaikan Pasar Bedug di OKU

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten OKU, Sumsel, Tommy. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, melibatkan sebanyak 200 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam gelaran Pasar Bedug, yang dibuka selama Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten OKU Tommy di Baturaja, Sumsel, Selasa, memastikan bahwa tahun ini pemerintah daerah kembali menggelar Pasar Bedug di Taman Kota Baturaja.

Dalam Pasar Bedug tersebut pihaknya melibatkan sebanyak 200 UMKM untuk menjual beraneka ragam menu berbuka puasa di pelataran Taman Kota Baturaja, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Baturaja Timur.

Dia mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan untuk pemasangan ratusan unit tenda di arena Pasar Bedug sebagai sarana bagi pelaku UMKM untuk menjual barang dagangannya.

"Pasar bedug ini mulai digelar satu hari sebelum Bulan Suci Ramadhan pada pukul 15.00 WIB hingga menjelang waktu berbuka puasa," katanya.

Ia berharap kehadiran pasar bedug ini tidak hanya memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membeli berbagai menu berbuka puasa, namun juga bisa menjadi sarana untuk menjalin dan mempererat silaturahim.

Apalagi, lanjutnya, kegiatan seperti ini merupakan momen yang sudah lama dinantikan masyarakat karena hanya digelar satu kali setiap tahunnya.

Tommy pun mengimbau para pedagang tetap menjaga kebersihan serta menjual produk makanan yang sehat, higienis, dan aman dikonsumsi masyarakat.

"Jangan ada produk makanan yang dijual mengandung zat berbahaya atau kedaluwarsa yang dapat membahayakan kesehatan tubuh manusia," tegasnya.