Pasar Bedug OKU di Taman Kota Baturaja

id Pasar bedug, bulan suci Ramadhan, Pemkab OKU, Dinas Koperasi

Pasar Bedug OKU di Taman Kota Baturaja

Sekda OKU Darmawan Irianto meresmikan Pasar Bedug Ramadhan 1445 H di Taman Kota Baturaja, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, menggelar Pasar Bedug Ramadhan 1445 Hijriah di seputar Taman Kota Baturaja yang menyediakan berbagai menu berbuka puasa untuk masyarakat di daerah itu.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten OKU, Tommy di Baturaja, Selasa, mengatakan bahwa Pasar Bedug dibuka selama bulan suci Ramadhan mulai pukul 15.00 WIB hingga menjelang berbuka puasa.

Dia mengatakan kegiatan Pasar Bedug dibuka untuk memberi peluang kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan pendapatan sehari-hari.

"Tujuan digelar kegiatan Pasar Bedug ini untuk membangkitkan geliat ekonomi yang ada di Kabupaten OKU, khususnya pada sektor UMKM," katanya.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya melibatkan sebanyak 200 pelaku UMKM yang menjual beraneka ragam menu berbuka puasa di pelataran Taman Kota Baturaja di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Baturaja Timur.



"Ada sebanyak 40 unit tenda yang kami siapkan untuk UMKM di Pasar Bedug secara gratis," ungkapnya.

Sementara, Sekda OKU Dharmawan Irianto menambahkan kegiatan ini bagian dari upaya pemerintah dalam menumbuhkembangkan pelaku usaha kecil terutama usaha bidang kuliner dan makanan ringan.

Sekda berharap dengan adanya pasar bedug dapat meningkatkan peluang bagi pelaku UMKM untuk terus mengembangkan usahanya agar semakin kreatif dan menghasilkan produk makanan atau minuman yang sehat untuk dikonsumsi masyarakat.

Sekda juga berharap kuliner yang dijual di pasar bedug ini dapat mengutamakan makanan tradisional ciri khas daerah OKU agar lebih dikenal masyarakat luas.

"Kegiatan Pasar Bedug diharapkan dapat menjadi media bagi masyarakat, khususnya generasi penerus untuk lebih mengenal makanan-makanan ciri khas daerah Kabupaten OKU dari budaya lokal," ujarnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab OKU gelar Pasar Bedug Ramadhan 1445 H di Taman Kota Baturaja