Pemkot Palembang kebut perbaikan Jembatan Sako

id jalan rusak,jembatan rusak,pemkot palembang ,kota palembang

Pemkot Palembang kebut perbaikan Jembatan Sako

Perbaikan Jembatan Sako, Palembang, Minggu (17/1). (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Palembang mengebut perbaikan kerusakan Jembatan Sako yang sudah amblas sejak sepekan lalu.

Sejumlah alat berat dan pekerja dikerahkan sejak Minggu (17/1) untuk memperbaiki jembatan di Jalan Brigjen Hasan Kasim - Musi Raya, Kecamatan Sako itu yang menghubungkan Jalan Musi Raya - Kalidoni Celentang.

“Ditargetkan selesai dalam 14 hari depan,” kata Kepala Dinas PU PR Kota Palembang Ahmad Bastari Yusak.

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan pengerjaan dari pagi hingga malam untuk mempercepat perbaikan.

"Kami akan berkerja siang dan malam, dan selama pengerjaan berlangsung jalan akan ditutup total, sehingga tidak mengangu pengerjaan itu nantinya," jelas Bastari.

Jembatan yang sudah ada sejak 15 tahun lalu itu, kini kondisinya tidak lagi memungkinkan untuk menahan tingginya volume kendaraan yang melintas.

Apalagi, jumlah kendaraan yang melalui jalan tersebut tidak lagi berukuran klas III melainkan yang melintas melebihi 12 ton ke atas.

"Sebelumnya jembatan ini diperuntukan untuk jalan kota dan kendaraan yang melintas pun tidak lebih dari 8 ton, namun seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi dan tuntutan kendaraan yang melintas pun di atas 12 ton,” kata dia.

Sehingga jembatan akan dibangun mengunakan kontruksi double box brecase K 400 sehingga mampu dilalui kendaraan dengan bobot 12 ton lebih.

Pengerjaan ini diperkirakan akan menelan dana sebesar Rp250 juta melalui dana swakelola.

Tidak hanya Jembatan Sako, tiga jembatan lainnya, seperti di Sukarema, Alang Alang Lebar (AAL) dan Sematang Borang juga akan dilakukan peningkatan status jembatan.