Pemkot Palembang ajak kader lingkungan cegah banjir

id antisipasi banjir pada musim hujan dengan gotong royong membersihka,wakil walikota palembang,banjir di palembang,berita sumsel, berita palembang, anta

Pemkot Palembang ajak kader  lingkungan cegah banjir

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengajak kader lingkungan bergotong royong membersihkan sungai dan anak Sungai Musi serta saluran air untuk mencegah terjadinya banjir pada musim hujan 2020.

"Musim hujan yang mulai terjadi sejak Oktober lalu perlu diwaspadai dengan melakukan berbagai tindakan antisipasi sehingga dapat dicegah atau paling tidak diminimalkan banjir," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Kamis.

Ia mengatakan gotong royong yang telah dilakukan pihaknya bersama warga setempat pada setiap akhir pekan dalam beberapa tahun terakhir, menghadapi musim hujan sekarang ini, diupayakan lebih gencar lagi.

Melalui kegiatan gotong royong, semua pekerjaan bisa dilakukan dengan ringan dan permasalahan sampah yang mengotori sungai, lingkungan tempat tinggal, perkantoran dan tempat lainnya, serta menyumbat saluran air dapat diatasi dengan baik.

Kegiatan gotong royong yang digerakkan jajaran Pemkot Palembang dalam beberapa tahun terakhir sifatnya memotivasi warga kota setempat untuk peduli terhadap lingkungan dengan membersihkan saluran air dan sungai dari rumput liar dan sampah.

"Untuk memotivasi semua pihak dan lapisan masyarakat bergotong royong, jajaran Pemkot Palembang setiap Minggu pagi, rutin bersama-sama masyarakat turun ke sejumlah kawasan permukiman penduduk dan kawasan lainnya," ujar dia.

Kegiatan bersama membersihkan sungai, kawasan permukiman penduduk, perkantoran, dan tempat lainnya itu, bermanfaat untuk menjadikan kawasan tersebut bersih, indah, serta sebagai tempat tinggal dan beraktivitas yang nyaman dan sehat.

Dengan keterlibatan kader lingkungan dalam aksi gotong royong, pembersihan saluran air dan sungai kawasan permukiman penduduk diharapkan bisa lebih maksimal.

"Melalui peningkatan kegiatan gotong royong diharapkan tidak ada lagi sampah dan rumput liar yang menyumbat aliran air yang menjadi salah satu penyebab banjir saat hujan lebat turun," kata Fitrianti.