Masjid Raya Sriwijaya ditargetkan rampung akhir 2021

id Masjid Raya Sriwijaya Jakabaring,Sekretaris Daerah Sumatera Selatan ,Nasrun Umar,Herman Deru

Masjid Raya Sriwijaya ditargetkan rampung akhir  2021

Sekda Sumsel Nasrun Umar. ANTAR/HO-Humas Pemprov

Palembang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Sumatera Selatan Nasrun Umar mengatakan Masjid Raya Sriwijaya Jakabaring Palembang ditargetkan rampung dan dapat digunakan pada akhir tahun 2021 dengan memaksimalkan pembangunan.

"Penetapan target tersebut sesuai hasil rapat bersama mengenai tahap pembangunan yang mulai dimaksimalkan," kata Sekda di Palembang, Kamis.

Sebagaimana arahan Gubernur Sumsel Herman Deru, katanya, diharapkan pada Desember 2021 masjid ini dapat digunakan. Keberlangsungan pembangunan Masjid Raya Sriwijaya Palembang telah dibahas bersama supaya cepat rampung.

Baca juga: Gubernur Sumsel ungkap penyebab mangkraknya pembangunan Masjid Raya Sriwijaya

Baca juga: Gubernur: Masjid Raya Sriwijaya rampung lima tahun


Menurut Sekda, ada beberapa hal penting yang dibahas yang diagendakan untuk ditindak lanjuti yaitu restrukturisasi Yayasan kepengurusan Masjid Raya Sriwijaya dimana di dalamnya banyak pengurus yang sudah lanjut usia dan bahkan ada yang meninggal dunia.

"Dari hasil rapat ini disampaikan restrukturisasi yayasan sudah disetujui pembina dan akan segera diusulkan kepada Gubernur Sumsel," ujarnya.

Kemudian, hasil pemeriksaan audit investigasi dari Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) atas rekomendasi BPK yang ditargetkan akhir Juli 2020 harus sudah selesai.

"Dari hasil rapat bahwa pertengahan bulan Juli audit ini akan diupayakan selesai dan segera dilaporkan kepada Gubernur Sumsel," ujarnya.

Selanjutnya, terkait arahan Gubernur Sumsel secara informal bahwa salah satu opsi yang dapat dilalukan yaitu pembangunan Masjid Raya Sriwijaya ini akan di take over oleh Pemprov Sumsel.

Baca juga: Pembangunan Masjid Raya Sriwijaya Jakabaring terus dikebut

Baca juga: Pembangunan Masjid Jakabaring dibantu donatur asal Sumsel


"Setelah ketiga agenda tersebut selesai, barulah masuk ke agenda ke empat bagaimana kelanjutan pembangunan Masjid Raya Sriwijaya ini.

Jadi berdasarkan hasil rapat tersebut maka Masjid yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Sumsel dapat digunakan untuk Shalat berjamaah akhir tahun depan.

Mudah mudahan kesemuanya berjalan lancar sehingga Masjid Raya Sriwijaya dapat digunakan bersama, tambah dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar