Pemprov Sumsel minta kabupaten dan kota dirikan ODP Center

id corona,COVID-19,Sumsel dirikan ODP Center,kabupaten/kota dirikan ODP Center,ODP Center,ODP Center cegah covid-19

Pemprov Sumsel minta kabupaten dan kota dirikan ODP Center

Gubernur Sumsel Herman Deru. (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan meminta pemerintah kabupaten/kota setempat segera membuat pusat karantina orang dalam pengawasan (ODP Center) hingga di tingkat desa guna mencegah sebaran virus corona.

Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, Selasa, mengatakan pembuatan ODP Center tidak perlu dengan fasilitas yang mahal yang penting orang diisolasi itu terpantau.

“Di setiap desa bisa dibuat isolasi mandiri bisa menggunakan Pusdes (puskesmas desa), Posdes (posyandu desa), bangunan sekolah ataupun PAUD dan tetap berkoordinasi dengan petugas puskesemas,” kata dia.

Gubernur menegaskan pembuatan ODP Center itu dinilai penting dan mendesak. Apalagi, pemprov tidak melarang warga Sumsel mudik kembali ke provinsi itu, dengan syarat orang tersebut menjadi ODP.

“Saya tidak melarang mudik tapi pemudik yang datang dari daerah terpapar harus mengisolasikan diri, bisa dengan cara mandiri, bisa dengan intruksi aparat,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Ogan Komering Ilir, Iskandar, memastikan ODP Center yang berada di Gedung Diklat Teluk Gelam siap digunakan saat ini sudah siap untuk digunakan sebagai pusat karantina ODP.

“Kami siapkan setiap kemungkinan terburuk. Saya lihat fasilitas yang ada cukup lengkap. Ada 60 kamar disini lengkap dengan AC, tempat tidur dan kamar mandi di dalam kamar,” kata dia.

Selain sebagai pusat karantina ODP, gedung serbaguna ini juga diproyeksi untuk mampu melayani pasien Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Untuk PDP kita akan lengkapi fasilitas medisnya. Namun kita semua berharap tidak ada ODP maupun PDP yang menginap disini. Kita berharap Pandemi ini segera berakhir,” kata dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar