Tahapan Pilgub Sumsel 2024 resmi bergulir, target KPU tingkatkan partisipasi pemilih

id sumsel,palembang,pilkada 2024,kpu sumsel

Tahapan Pilgub Sumsel 2024 resmi bergulir, target KPU tingkatkan partisipasi pemilih

Kegiatan Peluncuran Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2024, di Palembang, Minggu (5/5/2024). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan peluncuran Pilgub Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait tahapan Pilkada Serentak 2024.

“Peluncuran ini menjadi sangat penting untuk menyosialisasikan kepada masyarakat terkait Pilkada pada tanggal 27 November 2024, akan segera dimulai,” kata Ketua KPU Sumsel Andika Pranata Jaya saat diwawancarai di Palembang, Minggu (5/5).

Ia mengatakan pada pelaksanaan Pemilu 2024, jumlah partisipasi pemilih di Sumsel mencapai 84,82 persen untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), sedangkan untuk Pemilihan Legislatif 84 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 6,3 juta orang

"Oleh sebab itu, kami menargetkan jumlah partisipasi pemilih Pilkada 2024 dapat melebihi Pemilu kemarin. Kami berharap masyarakat dapat menggunakan hak pilih dengan baik," kata Andika.

Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengatakan peluncuran ini sendiri merupakan tanda dimulainya tahapan-tahapan dalam Pilkada serentak Tahun 2024:

"Saya berharap seluruh masyarakat Sumsel dapat menggunakan hak pilih sesuai hati nurani masing - masing," katanya.

Fatoni mengatakan Pemprov Sumsel juga telah memberikan dana Hibah untuk penyelenggaraan Pilgub 2024 senilai Rp378,74 miliar untuk KPU, Bawaslu dan pengamanan oleh TNI dan Polri.

"Dana itu telah kami salurkan dalam dua tahapan pada tahun 2023 sebesar 40 persen, lalu pada tahun 2024 sebesar 60 persen," kata dia.

Ketua KPU RI Hasyim Asyar mengatakan peluncuran ini penting sebagai penanda akan diselenggarakan Pilkada serentak Tahun 2024.

“Peluncuran ini menjadi penting sebagai penanda akan Pilkada serentak Tahun 2024. Sebab, Pilkada tahun ini dilaksanakan di 37 provinsi se-Indonesia dan merupakan pertama kalinya,” katanya.

Selain itu, Hasyim mengingatkan jajaran KPU kabupaten dan kota agar menggunakan dana hibah yang dianggarkan oleh pemerintah daerah (Pemda) masing-masing digunakan sebaik-baiknya dengan mengacu pedoman dan aturan yang berlaku.

“Hal ini menjadi suatu bagian yang penting dalam pelaksanaan Pilkada 2024,” kata dia.

Dalam peluncuran Pilgub Sumsel 2024, KPU Sumsel mengundang Grup Band Padi Reborn, sekaligus meluncurkan jingle dan maskot Pilkada Sumsel.