Dampak corona, sejumlah toko oleh-oleh di Belitung tutup

id Belitung,Babel,oleh-oleh,toko oleh-oleh

Dampak corona, sejumlah toko oleh-oleh di Belitung tutup

Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Mula Samosir (babel.antaranews.com/kasmono)

Ada kurang lebih 27 outlet UMKM termasuk toko-toko kecil terpaksa tutup
Belitung,Babel (ANTARA) - Sejumlah toko oleh-oleh di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tutup sementara akibat pandemi COVID-19 dan menurunnya jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Ada kurang lebih 27 outlet UMKM termasuk toko-toko kecil terpaksa tutup semua bahkan produk-produk yang di outlet itu ditarik kembali oleh mereka," kata Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Mula Samosir di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia,  pandemi COVID-19 mengakibatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu menurun drastis sehingga berdampak terhadap penjualan produk UMKM yang ada di toko oleh-oleh setempat.

Dia menjelaskan, kondisi saat ini hampir sekitar 80 persen pelaku UMKM di daerah itu jatuh, dikarenakan sektor pariwisata di Belitung terdampak akibat adanya pandemi COVID-19.

Bahkan saat ini banyak pekerja dari sejumlah toko oleh-oleh di daerah itu untuk sementara waktu dirumahkan.

"Karena UMKM adalah sektor strategis dan banyak mendukung sektor pariwisata sehingga dengan pariwisata kolaps maka otomatis UMKM juga kolaps hampir 80 persen," ujarnya.

Ia memperkirakan, dari total sebanyak 18.000 pelaku UMKM aktif daerah itu hanya sekitar 20 persen yang masih aktif menjalankan usahanya seperti yang bergerak di bidang kuliner.

Selain itu dirinya juga mendorong agar pelaku UMKM dapat memasarkan produknya secara daring dari rumah guna menyiasati sulitnya kondisi akibat pandemi COVID-19 seperti saat ini.

"Jadi kondisinya sangat terpukul benar jadi kami sedang mencarikan solusi bagaimana meringankan beban dan upaya bantuan kemanusiaan untuk menyambung hidup kita coba anggarkan dari APBD," katanya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar