Pemprov Sumsel tingkatkan pengawasan obat ilegal

id obat ilegal, pengawasan obat dan makanan

Pemprov Sumsel  tingkatkan pengawasan obat ilegal

Ratusan botol dan kotak barang bukti obat obat-obatan ilegal dan tanpa izin edar. (Foto : ANTARA/Fauzi Lamboka).

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) berupaya meningkatkan pengawasan peredaran obat yang tidak memiliki izin resmi dan berpotensi membahayakan kesehatan masyarakat setempat.

"Hingga sekarang ini masih sering ditemukan obat ilegal beredar di pasaran, untuk melindungi masyarakat terus ditingkatkan kegiatan pengawasan dan tindakan yang bisa memberikan efek jera bagi pelakunya," kata Sekretaris Daerah Sumatera Selatan, Nasrun Umar di Palembang, Senin.

Selain obat ilegal, pihaknya juga berupaya memperketat pengawasan makanan yang menggunakan pengawet dan bahan kimia berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

Pengawasan obat ilegal dan makanan yang tidak layak dikonsumsi itu diharapkan mendapat dukungan dari semua pihak dan lapisan masyarakat.

"Kami terus melakukan kerja sama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan serta berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengawasi peredaran makanan dan minuman yang tidak layak dikonsumsi," jelasnya.

Perlindungan kepada masyarakat dari obat dan makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan sangat diperlukan untuk menciptakan SDM yang sehat, berkualitas dan memiliki daya saing yang kuat.

Jika SDM di provinsi ini sehat dapat mengolah dan memanfaatkan potensi daerah secara maksimal untuk menjadikan Sumsel yang lebih maju dan sejahtera, kata sekda.