DPPKB OKU layani 173 peserta akseptor KB secara gratis

id DPPKB OKU catat jumlah akseptor KB gratis capai 173 peserta,pelayanan akseptor KB,akseptor KB gratis

Ratusan akseptor antusias memanfaatkan layanan KB gratis yang digelar DPPKB OKU di Kecamatan Peninjauan. (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mencatat jumlah akseptor KB yang dilayani secara gratis di Kecamatan Peninjauan mencapai 173 peserta.

"Layanan KB gratis yang kami adakan di Kecamatan Peninjauan belum lama ini diikuti sebanyak 173 akseptor," kata Kabid K3 DPPKB Ogan Komering Ulu (OKU), Salamah didampingi Kasi Ketahanan Keluarga Sejahtera, Umaya di Baturaja, Minggu.

Dia mengemukakan, program yang dilaksankaan di Kecamatan Peninjauan tersebut antusias diikuti masyarakat setempat khususnya ibu-ibu rumah tangga untuk memanfaatkan pelayanan KB yang dilakukan secara gratis.

"Hal tersebut terbukti dengan banyaknya jumlah akseptor yang jumlahnya mencapai 173 orang," ungkapnya.

Dia menjelaskan, jumlah tersebut meningkat drastis mencapai 140 peserta dibandingkan dalam kegiatan yang sama pernah dilaksanakan di kecamatan setempat sebelumnya yaitu hanya berjumlah sekitar 33 akseptor.

"Sebanyak 140 peserta ini merupakan akseptor baru. Sedangkan 33 orang lagi adalah akseptor ulangan," jelasnya.

Menurut dia, masyarakat yang memanfaatkan layanan ini sebagian besar merupakan akseptor pengguna alat kontrasepsi KB implan baru yaitu berjumlah 129 orang.

"Untuk akseptor ulangan implan sebanyak 27 peserta, jenis pil enam orang dan 11 peserta KB suntik," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar