Kemenag OKU gelar manasik haji di 2 zona

id Manasik haji, ibadah haji, jemaah calon haji, Kemenag OKU

Kemenag OKU gelar manasik haji di 2 zona

Ratusan JCH OKU mengikuti manasik haji di Islamic Center Baturaja, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Baturaja (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, menggelar manasik haji di dua zona yang diikuti oleh ratusan calon haji yang tergabung dalam keberangkatan tahun 2024.

Kasi Haji dan Umroh Kemenag OKU Abdul Muis di Baturaja, Jumat, mengatakan bahwa jamaah yang tergabung dalam kuota keberangkatan tahun 2024 mulai mengikuti manasik haji sepanjang tahun yang digelar di tiga titik zona.

"Kegiatan ini digelar selama dua hari ke depan di dua zona yaitu Zona 1 Baturaja Timur dan Zona 2 meliputi Kecamatan Lubuk Raja, Sinar Peninjauan dan sekitarnya," katanya.

Manasik haji di dua zona tersebut diikuti sebanyak 287 orang asal Kabupaten OKU untuk diberikan pembekalan sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

Dia menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pemahaman para jamaah terhadap pelaksanaan ibadah haji.

Dalam bimbingan manasik haji, kata dia, jamaah diberikan materi seputar ibadah haji mulai dari kebijakan, alur perjalanan haji, kesehatan hingga praktek sehingga mereka menjadi lebih siap dan percaya diri dalam menjalankan ibadah haji.

Melalui kegiatan tersebut para jamaah diharapkan dapat memahami dan menguasai pengetahuan tentang haji sehingga lebih maksimal saat menjalankan ibadah di tanah suci nanti.

Mereka akan memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang tata cara dan hikmah ibadah haji, serta kesiapan fisik dan mental yang diperlukan dalam menghadapi perjalanan suci tersebut.

"Untuk jadwal keberangkatan jamaah haji OKU tahun ini masih menunggu petunjuk dari pemerintah," ujarnya.*