Kemenag OKU Timur laksanakan manasik haji di tiga zona

id Manasik haji, jemaah calon haji, JCH OKU Timur, Kantor Kementerian Agama,Kemenag OKU Timur gelar manasik haji,OKU Timur

Kemenag OKU Timur laksanakan manasik haji di tiga zona

Puluhan CJH Kabupaten OKU mengikuti serangkaian kegiatan manasik haji di Mushola Al-Abror Kantor Kemenag OKU. (ANTARA/Edo Purmana/Arsip)

Martapura (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan menggelar manasik haji di tiga zona yang diikuti oleh ratusan Jamaah  Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam keberangkatan haji tahun 2024.

Kasi PHU Kemenag OKU Timur Muhammad Husni di Martapura, Minggu mengatakan bahwa JCH yang tergabung dalam kuota pemberangkatan tahun 2024 mulai mengikuti manasik haji sepanjang tahun yang digelar di tiga titik zona.

"Berdasarkan kuota ada sebanyak 761 JCH asal OKU Timur yang mengikuti kegiatan ini," katanya.

Untuk zona 1, kata dia, meliputi Kecamatan Martapura, Bunga Mayang, Jayapura, Madang Suku III, BP Peliung dan Buay Madang.

Kemudian, zona 2 dilaksanakan di Kecamatan Buay Madang Timur, Belitang, Belitang Jaya, Belitang Madang Raya, Madang Suku II, Madang Suku III dan Belitang III.

Selanjutnya, zona III meliputi Kecamatan Semendawai Suku III, Belitang Mulya, Belitang II, Semendawai Timur, Semendawai Barat dan Cempaka.

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pemahaman para calon haji terhadap pelaksanaan ibadah tersebut.

"Jadwal pelaksanaan manasik mandiri untuk semua zona dilaksanakan sampai menjelang bulan puasa nanti," ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, jamaah diharapkan dapat memahami dan menguasai pengetahuan tentang haji, sehingga lebih maksimal saat menjalankan ibadah di Tanah Suci kelak.

"Bagi jamaah yang terdekat dan sesuai dengan wilayah zona masing-masing diharapkan untuk mengikuti manasik haji yang diselenggarakan secara gratis," ujar dia.