ACT galang donasi untuk bantu korban bencana

id ACT Padang,ACT Galang Donasi,ACT bantu korban bencana,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang har

Aksi solidaritas yang dilaksanakan ACT Sumbar menggalang dukungan dari masyarakat Padang (Antara/Dokumentasi ACT)

Padang (ANTARA) - Lembaga bidang kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggalang donasi untuk membantu warga yang beberapa daerah di Indonesia yang mengalami bencana alam.

Kepala Cabang ACT Sumatera Barat Zeng Wellf di Padang, Jumat (14/6), mengatakan beberapa wilayah di Indonesia mengalami bencana alam beberapa hari jelang dan setelah momen Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Masyarakat di daerah yang dilanda bencana membutuhkan bantuan. ACT menggalang donasi yang akan disalurkan untuk mereka yang sedang dilanda musibah," katanya.

Beberapa bencana alam yang terjadi jelang dan usai momen Lebaran di antaranya banjir bandang di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan akibat hujan dengan intensitas tinggi sejak Sabtu (8/6) pukul 04.00 WITA hingga 14.00 WITA.

Banjir di Konawe Utara dan Konawe, Sulawesi Tenggara, akibat tingginya intensitas hujan sejak 2 Juni 2019, gempa bumi magnitudo 5,7 di Cilacap, Jawa Tengah hingga erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara dan musibah lainnya.

Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) ACT telah bergerak cepat menindaklanjuti dampak dari bencana yang terjadi tersebut dengan menurunkan tim yang membantu evakuasi warga ke tempat aman, membagikan paket makanan bagi korban, mendirikan posko kemanusiaan.

Kemudian mendistribusikan logistik, memberikan layanan kesehatan untuk para pengungsi karena kondisi yang rentan penyakit dan koordinasi dengan fasilitas kesehatan di daerah terkait serta membuka dapur umum membantu kebutuhan pangan para korban yang mengungsi.

Untuk para korban bencana, beberapa kebutuhan di pengungsian di antaranya makanan pokok, kasur, selimut, air bersih, fasilitas mandi cuci kakus (MCK), obat-obatan, kebutuhan wanita dan bayi dan lainnya.

"Kondisi ini mendorong kita agar bersama-sama membantu saudara kita yang sedang ditimpa musibah. Donasi dapat disalurkan melalui rekening Bank Mandiri 1270007721242 atas nama Aksi Cepat Tanggap (ACT)," sebutnya.

Donasi juga dapat disalurkan dengan mengakses laman https://donasi.act.id/padang.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar