Bupati Muaraenim minta PT BA berpartisipasi turunkan kemiskinan

id PTBA,pt bukit asam,tambang batu bara,perahtian kemiskinan,bupati muara enim,gubernur sumsel

Bupati Muaraenim minta PT BA berpartisipasi turunkan kemiskinan

Dokumen - Tambang batu bara PT Bukit Asam tbk di Tanjung Enim, Lawang Kidul, Muara Enim, Sumatra Selatan, Sabtu (5/11). (Antara News Sumsel.com/Nova Wahyudi/dol/16)

Palembang (ANTARA) - Bupati Muaraenim, Sumatera Selatan, Ahmad Yani minta manajemen perusahaan tambang batu bara PT Bukit Asam untuk turut berpartisipasi menurunkan angka kemiskinan di kabupaten tersebut karena sekarang ini masih terdapat warga kurang mampu.

"Walaupun sebagai daerah penghasil tambang tetapi masyarakatnya masih banyak yang miskin, oleh karena itu PT BA harus berpartisipasi membangun pertumbuhan ekonom daerah guna mensejahterakan rakyat setempat,"  kata Bupati Ahmad Yani saat menghadiri rapat umum pemegang saham PT Bukit Asam di Jakarta, Kamis.

Upaya untuk menurunkan angka kemiskinan di seluruh kabupaten dan kota juga sesuai dengan target Gubernur Sumsel Herman Deru.

Dia mengatakan, meski saham pemerintah Kabupaten Muara Enim lebih kecil dari Pemprov Sumsel atau hanya 0,3 persen, namun pihaknya berharap PT BA  dapat meningkatkan tanggung jawab sosial kemasyarakatan di kabupaten itu.

Sementara Gubernur Sumsel Herman Deru  mengatakan, PT BA merupakan BUMN yang beroperasi berada di kabupaten Muaraenim.dapat lebih memiliki sentuhan lokal dan daerah melalui program sosialnya.

Oleh karena itu komunikasi antara dua lembaga ini, Pemprov Sumsel dan PT BA ke depan harus lebih baik lagi sehingga ada keterbukaan dan tidak muncul prasangka.

Sebab Pemprov Sumsel juga tidak pernah mempersulit dalam pemberian izin usaha dan izin prinsip bagi PT. BA

Menanggapi usulan dan masukan dari Gubernur dan Bupati Muaraenim, Direktur Utama PT BA Arviyan Arifin mengatakan akan menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas usulan tersebut.

"Bapak Gubernur dan Bapak Bupati, kami sampaikan terima kasih atas usulannya. Kami pun berterima kasih kepada Gubernur Herman Deru yang selalu mendukung PT BA dalam melakukan perluasan usaha dan produksi," kata dia..

Pihaknya akan membuka komunikasi lebih luas dengan Pemprov Sumsel. Begitu pun  dengan Muara Enim, tentunya PT BA selalu berupaya untuk memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat setempat.

RUPS PTBA pada 2018 antara lain membahas tentang berbagai hal di antaranya  persetujuan laporan tahunan direksi mengenai keadaan jalannya perseroan selama tahun buku 2018, termasuk laporan pelaksanaan tugas, kinerja operasi  keuangan, serta pengembangan hilirisasi batu bara itu juga hadir Bupati Lahat Cik Ujang.