Kapal Ramadhan ACT Sumsel susuri perairan Sungai Musi salurkan bantuan

id kapal ramadhan act,act sumsel,marhaban yaa dermawan,kapal ramadhan act sumsel bawa bantuan,bantuan act sumsel,kapal bant,berita sumsel, berita palemba

Kapal Ramadhan ACT Sumsel susuri perairan Sungai Musi salurkan bantuan

ACT Sumsel tengah menyalurkan bantuan logistiik ke wilayah perairan menggunakan kapal ketek,(Doc/ACT Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Kapal Ramadhan Aksi Cepat Tanggap Sumatera Selatan akan menyusuri wilayah perairan Sungai Musi selama bulan Ramadhan 1440 Hijriah guna menyalurkan berbagai bantuan.

Kepala ACT Sumsel Ardiansyah di Palembang, Rabu, mengatakan Kapal Ramadhan tersebut bertipe kapal cepat atau speedboat dan kapal ketek, merupakan bagian dari program Ramadhan ACT 2019 'Marhaban Yaa Dermawan' yang mengajak masyarakat mengentaskan kemiskinan dengan berdonasi.

"Kapal Ramadhan mungkin menyusuri wilayah perairan sampai ke Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Kapal itu akan membawa paket bantuan 5 Kilogram gula dan minyak, biskuit, sarung, mukena serta bantuan lainnya," ujar Ardiansyah.

Menurutnya selain kapal Ramadhan, ACT Sumsel juga menyiapkan mobil van atau truk kecil yang akan membawa berbagai logistik bantuan ke wilayah kantung kemiskinan di Sumsel.

Bantuan-bantuan tersebut menyasar ribuan penerima manfaat dari donatur program 'Marhaban Yaa Darmawan' yang telah mewakafkan sebagian hartanya ke ACT, ia mengajak masyarakat berdonasi melalui ACT selama Bulan Ramadhan agar semakin banyak bantuan yang tersalurkan.

Selain itu ACT Sumsel dan jaringan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) di 17 kabupaten/kota Sumsel secara serentak akan merealisasikan beragam bantuan hasil donasi, seperti pembagian takjil gratis, penyediaan dapur Ramadhan dan paket-paket bantuan lainnya.

Ardiansyah menjelaskan, Bulan Ramadhan merupakan kesempatan terbuka buat muslim sedunia untuk berkontribusi dalam percepatan pengentasan kemiskinan dengan kedermawanan dan memuliakan sesama manusia tidak hanya di Indonesia, namun juga secara global.

"Salah satu caranya dengan memaksimalkan instrumen pendanaan Islam seperti zakat dan wakaf," lanjutnya.

Agar masyarakat semakin mudah dalam berdonasi, ACT telah meluncurkan fitur-fitur digital berupa situs news.act.id, actnews.tv, dan cepattanggap.id, ketiganya mengoptimalisasi peran ACT sebagai lembaga kemanusiaan profesional, terutama penyaluran donasi umat lewat program-program Ramadhan.

Masyarakat juga bisa berdonasi melalui nomor rekening BNI Syariah 66 0000 5505 dan Bank Mandiri 127 000 781 6612 atas nama Aksi Cepat Tanggap.

"Melalui Ramadhan ini mari fokus berbenah diri dan terus melakukan hal-hal terbaik yang mendatangkan manfaat kepada sesama," demikian Ardiansyah.