Kesadaran masyarakat Muba mengikuti KB meningkat

id logo KB,bkkbn,kb,ikuti kb di muba,program kb

Kesadaran masyarakat Muba mengikuti KB meningkat

bkkbn (bkkbn.go.id)

Sekayu, Musi Banyuasin (ANTARA) - Kesadaran masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, mengikuti Program Keluarga Berencana sebagai salah satu upaya menekan laju pertumbuhan penduduk mengalami peningkatan.

Kesadaran itu dalam beberapa tahun terakhir meningkat, namun belum sesuai dengan angka yang diharapkan, kata Wakil Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi di Sekayu, Kamis.

Untuk terus mendorong masyarakat mengikuti program pengendalian laju pertumbuhan penduduk itu, Pemkab Musi Banyuasin, berupaya menggalakkan sejumlah kegiatan yang selama ini dinilai bisa meningkatkan kesadaran masyarakat mengikuti Program KB.

Kegiatan yang selama ini dinilai bisa meningkatkan kesadaran masyarakat mengikuti Program KB seperti sosialisasi mengenai manfaat KB serta melakukan pelayanan KB gratis di kawasan permukiman penduduk hingga pelosok desa.

Melalui upaya tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Program KB untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ujarnya.

Dia mengemukakan, dalam tahun ini pihaknya menjadwalkan pelayanan KB gratis hingga pelosok desa di semua wilayah kecamatan dalam kabupaten ini.

Dalam setiap kegiatan pelayanan KB, pihaknya memberikan sejumlah pilihan pelayan gratis program KB baik melalui suntik, KB implant, dan KB menggunakan kondom.

Selain pelayan KB gratis, pada setiap kesempatan kunjungan ke permukiman penduduk pihaknya melakukan kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan pada wanita dewasa untuk mengetahui atau mendeteksi adanya kanker rahim atau biasa disebut dengan "Papsmear".

Melalui kegiatan itu diharapkan para wanita/ibu-ibu di daerah ini dapat menjaga kesehatan diri dan kesehatan sosial, serta dapat mengetahui gejala kemungkinan adanya kanker rahim sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin, ujar Beni.