5 kabupaten raih nominasi terbaik Lomba Kampung KB Sumsel 2024

id BKKBN SUMSEL,Kampung KB Sumsel

5 kabupaten raih nominasi terbaik Lomba Kampung KB Sumsel 2024

Lima kabupaten raih nominasi terbaik lomba kampung KB Sumsel 2024. (ANTARA/HO- BKKBN)

Palembang (ANTARA) -
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Selatan mengungkapkan sebanyak lima kabupaten/kota di wilayah itu meraih nominasi terbaik lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Sumsel 2024.
 
Tim penilai lomba Kampung KB Penata KKB Ahli Madya BKKBN Sumsel Zamhari di Palembang, Kamis, mengatakan lomba Kampung KB Sumsel 2024 yang dilaksanakan pada 1 Februari hingga 29 Februari 2024 tersebut melibatkan para tim penilaian dari BKKBN Sumsel, di antaranya Penata KKB Ahli Madya Yufi Winiastuti, Widyaiswara Ahli Muda M Jumliadi, Penelaah Teknis Kebijakan Dwi Fitriana, dan Adminkes Ahli Muda Zurviani Oktaria Wardhani.
 
"Proses pemilihan calon Kampung KB tingkat kabupaten/kota yang dilakukan tim penilai mendapatkan lima nominasi yakni Kota Palembang, Kota Lubuklinggau, Kabupaten Pali, Kabupaten Lahat, dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)," katanya.
 
Ia menambahkan nominasi terpilih tersebut merupakan hasil dari verifikasi Kampung KB berbasis website. Tim verifikasi Kampung KB Sumsel juga melakukan verifikasi langsung ke lapangan pada lima kabupaten/kota nominasi tersebut.
 
"Kami melakukan verifikasi ke lapangan dari lima kabupaten/kota itu salah satunya yakni Kampung KB Mawar, Desa Pagar Batu, Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat," katanya pula.
 
Kampung Keluarga Berkualitas merupakan satuan wilayah setingkat desa, di,mana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga, dan masyarakat melalui intervensi program dan kegiatan dengan pendekatan siklus kehidupan manusia.
 
Kampung Keluarga Berkualitas memiliki empat sasaran program, yaitu penyediaan data dan dokumen kependudukan, peningkatan perubahan perilaku, peningkatan cakupan, layanan dan rujukan pada keluarga, serta penataan lingkungan hidup keluarga dan masyarakat.
 
Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas diselenggarakan bertujuan untuk melakukan pemetaan kualitas Kampung KB, melakukan pembinaan secara menyeluruh dan serentak sehingga dapat meningkatkan klasifikasi Kampung KB menjadi mandiri dan berkelanjutan.
 
Kemudian, meningkatkan komitmen pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terhadap Kampung KB, serta mengapresiasi pelaksanaan sistem pengelolaan Kampung KB.
 
Pelaksanaan lomba Kampung KB Sumsel juga berdasarkan Surat Edaran Menteri dalam Negeri Nomor. 440/70/SJ tanggal 11 Januari 2016 tentang pencanangan dan pembentukan Kampung KB.
 
Surat Kepala BKKBN No. 309/RC.300/B1/2016 tanggal 02 Februari 2016 tentang Instruksi Pelaksanaan Kampung KB. Kampung yang dibentuk untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program Bangga Kencana serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.
 
"Lima nominasi terpilih tersebut akan ikut pelaksanaan lomba kampung KB tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada 1 Maret 2024 hingga 5 April 2024," ujarnya.*