Pelayanan paspor haji Sumsel hampir rampung

id imigrasi, imigrasi palembang, paspor, paspor haji,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari in

Pelayanan paspor haji Sumsel hampir rampung

Pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Palembang. (ANTARA News Sumsel.com/Yudi Abdullah)

...CJH asal daerah yang masuk dalam wilayah kerjanya pada musim haji 1441 Hijriah/2019 ini sekitar 3.000 orang, dari jumlah itu 50 persen di antaranya telah memiliki paspor...
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pelayanan pembuatan paspor bagi calon jamaah haji yang berada di enam wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), hampir rampung.

"Pelayanan paspor haji di enam wilayah kerja meliputi Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Musi Banyuasin hampir rampung, sejak pertengahan Februari 2019 ini berkas permohonan yang masuk tidak banyak lagi berkisar 5 hingga 10 berkas dan tidak setiap hari," jelas Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Hasrullah di Palembang, Rabu.

Dia menambahkan, CJH asal daerah yang masuk dalam wilayah kerjanya pada musim haji 1441 Hijriah/2019 ini sekitar 3.000 orang, dari jumlah itu 50 persen di antaranya telah memiliki paspor.

Berdasarkan data tersebut, diperkirakan sekitar 200 CJH lagi yang belum mengurus paspor untuk persiapan berangkat tahun ini karena hingga sekarang pihaknya telah melayani 1.300 paspor.

Melihat masih ada CJH yang belum mengajukan berkas permohonan pembuatan paspor, pihaknya masih menunggu hingga dinyatakan pihak Kantor Kemenag setempat semua calon jamaah telah memiliki paspor dan pelayanan bisa ditutup, terangnya.

Menurut dia, untuk memberikan pelayanan terbaik dan kemudahan dalam membuat paspor kepada CJH yang akan berangkat pada musim haji 1441 Hijriah tahun ini, sejak Desember 2018 hingga kini Kantor Imigrasi Palembang menyiapkan tim khusus.

Tim tersebut, selain memberikan pelayanan pembuatan paspor bagi calon jamaah haji pada hari kerja, pada kondisi tertentu membuka pelayanan pada hari libur atau akhir pekan, serta pelayanan bergerak ke sejumlah daerah di luar Kota Palembang (jemput bola).

"Dengan pelayanan khusus itu diharapkan calon jamaah haji dapat lebih nyaman dalam melakukan pengurusan dokumen perjalanan ibadah ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi dan pelayanan paspor bagi masyarakat umum tidak terganggu," ujar Hasrullah.
Kasilantaskim Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Triman. (Foto ANTARA News Sumsel.com/Yudi Abdullah/19)
Sementara Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian (Lantaskim) Kantor Imigrasi Palembang, Triman menambahkan untuk mendukung Kemenag mempersiapkan dokumen keberangkatan calon jamah haji pada 2019, pihaknya menyiapkan beberapa program pelayanan khusus.

Dengan pelayanan tersebut, sejak dibukanya pelayanan pembuatan paspor haji pada penghujung 2018 hingga kini semua CJH dapat dilayani dengan baik, kata Triman.