Dinsos Sumsel fasilitasi penyandang disabilitas berkreasi

id Dinas Sosial,penyandang disabilitas,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Arsip- Penyandang disabilitas, mencoba kursi roda bantuan miliknya usai menerima bantuan. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan berupaya memfasilitasi masyarakat terutama penyandang disabilitas untuk menyalurkan kreasinya agar mampu hidup mandiri, bersemangat, serta dapat bersosialisasi dengan lingkungannya.

Untuk meyalurkan kreasi penyandang disabilitas yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi ini, pada 2019 ini akan lebih dioptimalkan kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK), kata Kepala Dinas Sosial Sumsel Rasyidin Hasan di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, UPSK yang telah berjalan selama ini akan didorong lebih aktif, sehingga dapat membangkitkan semangat masyarakat di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa ini.

Sesuai dengan tujuan pembentukan UPSK yakni sebagai wadah bagi masyarakat disabilitas untuk berkreasi dan menyalurkan minatnya, pihaknya akan mendorong petugas yang masuk dalam tim unit tersebut lebih aktif melakukan kegiatan secara bergerak hingga pelosok desa, katanya.

Menurut dia, sesuai dengan namanya Unit Pelayanan Sosial Keliling, petugas diarahkan melakukan kegiatan tidak hanya pada suatu tempat saja, tetapi keliling hingga pelosok desa yang sulit dijangkau.

Melalui kegiatan itu diharapkan para penyandang disabilitas mampu mandiri, bersemangat, serta dapat bersosialisasi dengan lingkungannya, merasa mendapat perhatian dan keberadaannya bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya, serta memberikan kontribusi dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial.

Selain itu diharapkan pula dapat mencegah timbulnya berbagai permasalahan sosial di tengah-tengah masyarakat yang saat ini sedang giat-giatnya melaksanakan berbagai pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar