Pemkab Muba raih penghargaan Paritrana Award 2023

id Bpjsvketenagakerjaan, patriana award, pelaksanaan jamsostek, jamsostek, jaminan sosial ketenagakerjaan, muba, mjba raih

Pemkab Muba raih penghargaan Paritrana Award 2023

Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni menyerahkan penghargaan Paritrana Award 2023 kepada Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud. ANTARA/HO/Diskominfo Muba/24

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) meraih juara pertama Paritrana Award 2023 tingkat Sumatera Selatan sebagai apresiasi karena telah mendukung penuh pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

Penghargaan itu diserahkan Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbagsel Muhyidin kepada Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud dalam rangkaian penganugerahan Paritrana Award Tahun 2023 di Palembang, Selasa.

Paritrana Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh Presiden RI kepada pemerintah provinsi, kabupaten, kota, dan pelaku usaha yang mendukung penuh pelaksanaan Jamsostek.

Pj Bupati Apriyadi Mahmud seusai menerima penghargaan itu mengatakan pihaknya terus berkomitmen memberikan perlindungan untuk mewujudkan kesejahteraan pekerja di kabupaten setempat, khususnya kepada pekerja sektor informal yang kondisi kerja mereka jauh dari nilai standar, memiliki risiko tinggi, dan berpenghasilan sangat minim.

"Alhamdulillah penghargaan ini adalah bonus dan suntikan motivasi bagi kami untuk terus memberikan pelayanan kepada pekerja sektor informal yang lebih baik ke depannya," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa jaminan BPJS Ketenagakerjaan sangat penting bagi pekerja, karena dapat meningkatkan rasa aman bagi keluarga pekerja, juga memberikan kepastian keberlangsungan ekonomi apabila terjadi risiko yang tidak diinginkan.

"Oleh sebab itu kami memfasilitasi warga Muba untuk mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan, terutama bagi pekerja rentan di kabupaten ini," terangnya.

Jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut memang layak untuk terus dikembangkan mengingat sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumatera Bagian Selatan, perlindungan kepada pekerja informal semata-mata wujud perhatian Pemkab Muba kepada masyarakat, katanya.

Apriyadi menambahkan, capaian lainnya juga diraih Desa Epil dan Desa Bailangu yang mendapatkan anugerah Paritrana Award Tingkat Desa.

"Selamat kepada Desa Epil dan Bailangu, capaian itu diharapkan dapat terus memotivasi pemerintah desa berbuat lebih baik untuk masyarakat," kata Pj Bupati Muba Apriyadi.

Sementara Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengucapkan selamat kepada Pemkab Muba yang berhasil meraih Paritrana Award 2023.

"Semoga capaian itu dapat terus memotivasi Pemkab Muba dalam memfasilitasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja," ujar Fatoni.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbagsel Muhyidin menjelaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk masyarakat. "Saat ini ada 1,1 juta pekerja formal dan informal yang tercover BPJS Ketenagakerjaan di Provinsi Sumsel," jelasnya.

Ia mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan terus berkomitmen untuk melayani masyarakat terutama di Sumsel. "Saat ini kami juga menyasar kalangan pedagang, juga pekerja sektor informal," ungkap dia.

Di Kabupaten Muba, katanya, pihaknya telah menjangkau 11 ribu pekerja rentan dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. "Ini patut kami apresiasi, dan sangat luar biasa atas keseriusan Pj Bupati Apriyadi melindungi pekerja rentan," ungkapnya.

Dalam kesempatan menerima penganugerahan Paritrana Award Tahun 2023 tersebut, Pj Bupati Apriyadi Mahmud didampingi Kepala DPMD Erdian Syahri, Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP, Kaban Kesbangpol Muba Jonni Martohonan AP MM, Kadisdukcapil Muba Demoon Hardian Eka Suza, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Irwan Syazili, dan Plt Kabag Prokopim Agung Perdana.