BPN targetkan cetak 8.600 sertifikat prona

id prona,sertifikat tanah,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,bpn oku,bpn oku timur

Dokumentasi- Warga membawa sertifikat yang dibagikan saat penyerahan sertifikat. (ANTARA /Puspa Perwitasari)

Muaradua, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan, pada 2019 menargetkan mencetak 8.600 persil sertifikat prona bagi masyarakat di wilayah itu.

"Untuk kuota prona tahun depan yang ditargetkan jumlahnya mencapai 8.600 persil," kata Kepala Kantor BPN Ogan Komering Ulu Selatan, Zamili di Muaradua, Selasa.

Menurut dia, jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan target prona yang ditargetkan pemerintah pada tahun ini yaitu hanya 5.000 persil.

"Alhamdulillah target tahun ini sudah terealisasi 100 persen dan kami optimis dapat mencapai target prona 2019," katanya.

Dia menjelaskan, Proyek Operasi Nasional Agraria atau lebih dikenal dengan Prona ini merupakan program dari Pemerintah Pusat yang diperuntukan bagi masyarakat khususnya golongan ekonomi ke bawah agar memiliki tanah bersertifikat dari BPN.

Tujuan dari program tersebut kata dia, yaitu untuk memproses penerbitan sertifikat atas tanah milik masyarakat secara gratis agar memiliki kekuatan hukum yang tetap.

"Masyarakat hanya membayar administrasi saja sesuai ketentuan karena biaya pembuatan sertifikat sudah ditanggung oleh pemerintah," tegasnya.

Dia mengemukakan, prona 2019 untuk Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan nanti akan menyasar pada masyarakat di beberapa kecamatan meliputi Kecamatan Muaradua, Buay Rawan, Buay Pemaca, Runjung Agung, Buay Runjung, Mekaku Ilir dan Kecamatan Pulau Beringin.

"Bagi masyarakat yang memiliki tanah kami imbau agar segera mendaftar prona untuk disertifikatkan," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar