Warga terpencil Merangin Jambi mulai nikmati listrik

id Listrik, terpencil, nikmati, jauh, jambi, sumsel

Warga terpencil Merangin Jambi mulai nikmati listrik

Dok. (Sumsel ANTARA News/Feny Selly/Ang/18)

Jambi (ANTARA News Sumsel) - Warga Desa Air Liki merupakan daerah terpencil di Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin Provinsi Jambi saat ini bisa menikmati aliran listrik.

Kepala Desa Air Liki Pulpi Marlinton Jumat, mengatakan situasi tanpa penerangan listrik sudah dirasakan masyarakatnya sejak lama dan baru tahun 2018 desanya mendapat aliran listrik yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di desa tersebut oleh UNP, Basnaz dan Pemerintah Provinsi Jambi.

Atas program tersebut, kini seluruh rumah yang ada di Desa Air Liki bisa menikmati aliran listrik dan warga merasa sangat berbangga hati karena dengan adanya penerangan ada tanda-tanda kemajuan dalam kehidupan perekonomian masyarakat di desa tersebut.

Setidaknya dengan adanya listrik yang bersumber dari PLTMH tersebut selain untuk penerangan juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya khususnya peningkatan dunia pendidikan dan perekonomian warga, kata Pulpi Marlinton.

Dia mengatakan warga akan menjaga dan merawat PLTMH tersebut guna kelangsungan terus mengalirnya listrik ke desa mereka dan kami semua mengucapkan terima kasih kepada pemerintah maupun pihak terkait lainnya yang sudah memberikan penerangan di desanya.

PLTMH yang baru dibangun dan diresmikan  Menteri Bappenas itu dioperasikan operator mulai pukul 16.00 WIB sampai pukul 08.00 WIB keesokan harinya Jarak mesin PLTMH dari pemukiman warga sekira satu kilometer.

Abdul Azis tokoh masyarakat desa setempat juga mengatakan hal yang sama apa yang disampaikan oleh kepala desanya, namun dia masih menyayangkan masih minimnya perhatian pemerintah terhadap kondisi desanya dari sisi infrastruktur di desanya.

Dia juga berharap dengan adanya listrik itu maka akan ada perubahan pembangunan di desannya oleh pemerintah kabupaten Merangin.

Untuk kondisi itu, kedepan warga sangat berharap perhatian lebih dari segala pihak untuk mengubah berbagai kondisi, baik secara fasilitas maupun hal-hal yang dapat menunjang perekonomian masyarakat desanya.

PLTMH di Jambi ini adalah salah satu wajud aplikasi yang nyata dari tujuan Pembangunan yang bekelanjutan, meningkatkan akses energi bersih dan mendukung pemberantasan kemiskinan serta peningkatan kemakmuran masyarakat.

Empat desa di Jambi yang akan mendapatkan aliran listrik dari pembangunan PLTMH itu ada di dua kabupaten yakni Desa Lubuk Bangkar yang ada di Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun akses menuju kesana dapat ditempuh selama 9 jam perjalanan darat dari Kota Jambi.

Kemudian Desa Ngaol, Air Liki dan Air Liki Baru yang semuanya ada di Kecamatan Tabir Barat Kabupaten Merangin yang berbatasan dengan Taman Nasional Kerinci Seblat yang ditempuh dengan perjalanan selama 10 jam dari Kota Jambi dilanjutkan dua jam perjalanan menggunakan perahu dan 30 menit menggunakan ojek sepeda motor.